Thursday, February 12, 2015

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan kondisi dimana pori-pori kulit (baik kulit wajah atau tubuh) tersumbat, yang mana penyumbatan ini akan menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat pasti akan muncul pada wajah atau tubuh manusia, jadi bagi anda yang sedang terkena jerawat jangan malu dan jangan sungkan. jerawat dikarenakan perubahan hormon yang merangsang kerja kelenjar minyak pada kulit makin membesar. Sebagai contoh, anak-anak yang berada pada masa puber mereka pasti mempunyai jerawat, bahkan ada sebagian yang memiliki banyak jerawat pada wajahnya. Jadi apa penyebab timbulnya jerawat, jerawat muncul disebabkan oleh:
  1. Penyebab timbulnya jerawat pertama perubahan hormonal.
    Seperti yang telah ditulis diatas bahwa perubahan hormonal akan memicu timbulnya jerawat pada wajah maupun pada kulit tubuh kita. Perubahan hormonal ini akan merangsang kelenjar sabesae untuk menghasilkan minyak lebih banyak dari biasanya. Karena banyaknya minyak yang dihasilkan karena perubahan hormon ini maka minyak tersebut akan keluar kepermukaan kulit dan disebabkan pori-pori dari kulit tertutup oleh komedo maka jerawatpun muncul.
  2. Penyebab timbulnya jerawat kedua sel-sel kulit mati.
    Apabila sel-sel kulit mati ini menumpuk pada wajah maka minyak yang hendak keluar dari dalam kulit akan tersumbat dan penyumbatan ini yang menimbulkan jerawat pada wajah. Disamping menimbulkan jerawat dan kulit tubuh, sel kuit mati juga menimbulkan komedo pada kulit wajah.
  3. Penggunaan kosmetik sehari hari.
    Berhati-hatilah dalam menggunakan kosmetik, karena sebagian kosmetik akan menimbulkan jerawat. Kenapa demikian, hal ini dikarenakan kosmetik tersebut akan menyumbat pori-pori pada wajah maupun kulit tubuh. Banyak orang mengatakan bahwa penggunaan kosmetik merupakan cocok-cocokan dan hal ini memang benar dikarenakan yang telah disebutkan diatas.
  4. Penyebab timbulnya jerawat keempat stres.
    Stres merupakan akar dari semua permasalah pada tubuh, termasuk yang satu ini. Stres tidak secara langsung menimbulkan jerawat, namun stres akan mempengaruhi hormon androgen dan hormon lainnya yang mengatur kerja kelenjar minyak. Apabila hormon ini terganggu kerjanya maka kelenjar minyak akan lebih banyak berproduksi. Disamping itu, stres juga mendorong orang untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau bisa dikatakan pola makan yang tidak teratur.
  5. Masalah kebersihan wajah.
    Di lingkungan luar rumah, jumlah polusi udara dan debu lebih banyak. Hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat dan komedo.
  6. Penyebab timbulnya jerawat keenam bakteri.
    Bakteri merupakan penyebab jerawat karena bakteri dari lingkungan yang kurang bersih masuk ke dalam melalui jaringan kulit, bakteri ini akan mengeluarkan racunnya yang dapat membunuh sel-sel yang ada disekitarnya.
  7. Penyebab timbulnya jerawat ketujuh makanan.
    Makanan yang menimbulkan jerawat mempunyai ciri-ciri berminyak dan berlemak, sebagai contoh kacang tanah.
  8. keseringan mencuci muka.
    Segala sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan pastilah menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan, kecantikan atau yang lainnya, termasuk yang satu ini. Kenapa kelebihan mencuci muka dapat menimbulkan jerawat, hal ini dikarenakan kelenjar minyak akan mengalami peningkatan.
Mungkin cukup sekian postingan mengenai Apa Penyebab Timbulnya Jerawat, semoga menambah wawasan kita.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner