Tuesday, February 24, 2015

Cara Agar Tidak Mudah Pikun

Cara Agar Tidak Mudah Pikun-Penyakit pikun merupakan menurunnya kemampuan berfikir seseorang dengan tanda-tanda menurunnya daya ingat menurunnya kemampuan penalaran, sulit untuk berfokus, susah melakukan kegiatan sehari-hari, gangguan komunikasi, salah membuat keputusan, menarik diri dari pergaulan, dan perubahan perilaku/kepribadian. Secara umum, pikun disebabkan oleh gangguan pada jaringan otak, namun ada juga faktor lain yang menyebabkan pikun diantaranya rokok, kurang tidur, mengkonsumsi gula terlalu banyak, jarang berkomunikasi, malas berpikir, terlalu banyak memikirkan seseuatu saat sedang sakit dan, makan terlalu banyak. Umumnya, pikun melanda orang-orang yang berusia lanjut (50 tahun keatas) namun faktanya hal tersebut terjadi pula pada kaum remaja dan orang dewasa. Nah, agar anda terhindar dari penyakit pikun ikuti beberapa cara di bawah ini:
  1. Konsumsilah makan yang mengandung antioksidan
    Antioksidan bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Apabila kita jarang mengkonsumsi sumber pangan yang mengandung antioksidan maka radikal bebas pada tubuh kita akan semakin banyak dan hal ini akan menyebabkan timbulnya banyak penyakit diantaranya kepikunan. Oleh sebab itu, konsumsilah sumber pangan yang mengandung antioksidan seperti makanan, minuman atau buah yang mengandung vitamin A, C, E, karotin, dan polipenol.
  2. Istirahatlah yang cukup.
    Kurang tidur akan menyebabkan kehilangan sel-sel otak tertentu yang akhirnya berdampak pada menurunnya daya ingat atau pikun dan hal ini telah bersesuaian dengan pendapat Prof. Sigrid Veasey. Oleh sebab itu cukupi keburuhan tidur sehari-hari anda.
  3. Latihlah otak anda untuk berpikir.
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Colorado State University mereka mengatakan bahwa setiap pekerjaan atau kegiatan yang menantang dan memerlukan proses berpikir yang dalam akan mempertajam kemampuan otak dalam mengingat sesuatu. Hal tersebut dikarenakan kegiatan atau pekerjaan yang melibatkan banyak berpikir, analisa, dan kreativitas berhubungan erat dengan tingginya kemampuan fungsi kongnitif seseorang. Oleh sebab itu banyak-banyaklah memperlatih otak anda. Banyak hal yang bisa anda lakukan diantranya bermain game di perangkat elektronik yang anda miliki, mengerjakan soal-soal yang diberikan guru, dosen, atau professor.
  4. Perluas pergaulan anda.
    Orang yang mempunyai pergaulan yang luas lebih memiliki yang besar dan lebih terhubung antara neuron, hal tersebut bersesuaian dengan pendapat para peneliti dari Oxpord University. Kenapa demikian, hal ini dikarenakan pada saat kita berinteraksi dengan orang maka otak akan mengirim pesan untuk disampaikan kepada lawan bicara, kesan terhadap lawan bicara. Nah, pada orang yang mempunyai banyak teman atau pergaulannya luas maka hal tersebut akan menjadi luas pula. Namun perlu anda waspadai beberapa teman dapat membuat anda hancur.
Mungkin hanya itu saja yang penulis dapat berikan, penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan atau yang tidak berkenan dihati anda. Cukup sekian artikel mengenai Cara Agar Tidak Mudah Pikun, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner