Tuesday, January 27, 2015

Kenapa Kulit Bisa Hitam

Kenapa Kulit Bisa Hitam-Kulit manusia merupakan lapisan terluar pada tubuh manusia. Kulit dibagi menjadi tiga lapisan yakni epidermis, dermis, dan hipodermis. Epidermis ialah lapisan kulit yang berada dibagian luar atau lapisan kulit yang bisa dilihat oleh mata telanjang, lapisan epidermis berfungsi sebagai alat pelindung dari bakteri, iritasi kimia, alergi. Dermis ialah lapisan kulit kedua atau menengah yang terdiri atas anyaman serabut kolagen dan elastin, lapisan kulit ini berfungsi sebagai pemberi kelenturan dan kekencangan kulit. Sementara hipodermis ialah lapisan paling bawah atau paling dasar pada kulit, laisan ini merupakan lapisan kulit lemak atau atau jaringan ikat, lapisan ini mengandung pembuluh darah dan limfia seta saraf. Lapisan ini berfungsi sebagai penjaga kesetabilan pana pada tubuh manusia dan melindungi organ internal vital dalam tubuh manusia. Setelah kita membaca sedikit penjelasan tentang kulit, berikut akan dijelaskan kenapa kulit bisa menjadi hitam.
  1. Kulit bisa hitam dikarenakan paparan terhadap sinar matahari.
    Sebagai contoh, apabila anda berjemur atau bekerja diterik matahari maka kulit yang tidak terbungkus oleh kain akan menjadi hitam. Kenapa demikian, hal ini dikarenakan semakin lama seseorang terpapar sinar matahari, maka jumlah pigmen melanin yang dihasilkan dalam tubuh akan semakin banyak. Seperti yang anda ketahui bahwa semkain banyak pigmen melanin dalam tubuh maka semakin hitam kulit seseorang tersebut.
  2. Polusi
    Sekarang ini, polusi udara telah melampaui dari batas normal. Hal ini sangat bahaya bagi kulit kita, kenapa demikian. Hal ini dapat menyebabkan banyak sekali permasalahan pada kulit diantaranya kulit menjadi hitam, penuaan pada kulit, timbulnya flek hitam pada kulit. Kenapa polusi bisa menyebabkan masalah tersebut. Hal ini dikarenakan polusi udara akan menghasilkan berbagai zat yang dapat merusak kulit, misalnya zat hasil polusi udara akan menyebabkan kerusakan ozon, dan pada akhirnya menimbulkan dampak besarnya radiasi sinar UV atau sinar ultra violet.
  3. Penyakit ginjal.
    Orang yang menderita penyakit ginjal atau gagal ginjal, mereka akan ditandai dengan menghitamnya kulit. Nah, jadi anda harus berhati-hati apabila anda jarang keluar namun kulit anda tetap hitam. Bisa jadi anda terkena penyakit gagal ginjal.
  4. Genetis.
    Faktor genetis merupakan faktor utama penentu bentuk, warna kulit, dan lain sebagainya dalam tubuh manusia. Jadi apabila orang tua dari seorang anak berkulit putih maka anaknya tersebut akan terlahir berkulit putih juga, namun sebaliknya apabila orang tua berkulit hitam maka anaknya akn lahir dengan kulit hitam pula.
  5. Stres.
    Stres dapat menghitamkan kulit karena pada saat stres pikiran kita terbebani oleh berbagai pemikiran berat, hal ini dapat memacu hormon MSH (Melanocyte-stimulating hormone) untuk melepaskan butir-butir melanin dalam jumlah yang besar ke kulit dan hal inilah yang menyebabkan kulit tampak hitam pada saat stres.
  6. Jarang mandi.
    Mandi bertujuan agar daki atau kotoran lainnya yang menempel pada kulit dapat pergi dari kulit kita. Namun apa yang terjadi pada orang yang jarang mandi, daki atau kotoran tersebut akan menempel pada kulit dan hal ini akan trus bertumpuk sehingga kulit dipenuhi oleh daki-daki tersebut dan hal ini yang memberikan warna yang berbeda pada kulit.
Mungkin masih banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkan kulit tampak hitam, namun pada postingan ini penulis hanya menjababrkan beberapa saja. Nah, bagi anda yang ingin memutihkan kulit, penulis menyediakan beberpa artikel mengenai hal tersebut diantaranya Cara Memutihkan Kulit Tubuh dan Cara Memutihkan Kulit Menggunakan Kunyit. Cukup sekian artikel mengenai  Kenapa Kulit Bisa Hitam, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner