Thursday, January 16, 2014

Cara Merawat Gigi Agar Terlihat Selalu Putih

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut. Gigi manusia memiliki struktur utama yaitu mahkota gigi dan akar gigi, dimana mahkota gigi merupakan bagian yang terlihat yang berwarna putih sedangkan akar gigi merupakan bagian paling dalamdari gigi. Berikut akan dijelaskan faktor-faktor yang menyebabkan gigi kurang indah:
  • Penyebab gigi berubah warna.
  1. Gigi hitam dikarenakan merokok.
    Kenapa rokok dapat menyebabkan gigi menjadi hitam. Jawabannya karena rokok mengandung zat yang bernama nikotin yang dapat membuat perubahan warna pada gigi. Sebagai contohnya, isap asap rokok kemudian anda hembuskan pada kuku anda maka zat nikotin ini akan mengeluarkan warna coklat tua pada kuku anda.
  2. Gigi berubah warna dikarenakan kopi dan teh.
    Kenapa demikian, jawabannya dikarenakan asam etanat yang terdapat pada kopi atau teh yang masuk kedalam lubang-lubang gigi atau melewati lapisan gigi bagian luar dapat menyebabkan gigi menjadi berubah warna.
  3. Gigi berubah warna dikarenakan terlalu sering bernang di kolam renang.
    Ternyata kandungan klorin yang terdapat pada air kolam renang dapat mengubah warna gigi. Pada dasarnya klorin ini bertujuan untuk menjernihkan air dari kolam renang tersebut, namun zat ini mengubah PH dari air menjadi lebih asam. Dan hal ini yang mengakibatkan gigi berubah warna.
  4. Pemutih gigi.
    Tahukah anda bahwa cara kerja dari pemutih gigi ialah menggoresi gigi dengan tujuan untuk menghilangkan warna gigi yang kurang menarik tersebut. Sebagai contoh, jika anda ingin mengkilapkan warna dari besi yang karat maka anda harus menggores karat tersebut dengan amplas, nah makin lama maka besi tersebut akan berubah warna dan bahkan bahkan rapuh.
  5. Gigi berubah warna dikarenakan minuman berakohol.
    Kenapa demikian, hal ini disebabkan karena alkohol mengandung asam dan juga gula yang tinggi. Nah kandungan asam dan gula ini yang dapat mengubah warna gigi bahkan dapat menyebabkan gigi anda ompong.
Berikut akan dijelaskan mengenai cara merawat gigi agar putih:
  • Gosok gigi anda minimal dua kali sehari.
  • Berkumurlah setelah makan.
    Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa makanan yang tersangkut pada gigi guna menghindari gigi dari perubahan warna dan kuman yang dapat merusak gigi anda.
  • Kunyahlah kulit lemon/jeruk agar gigi anda tetap putih.
    Caranya, kupaslah kulit lemon/jeruk kemudian kunyah-kunyah kulit lemon/jeruk selam kurang lebih 15 menit kemudian kumur hingga bersih.
  • Setelah anda berenang di kolam renang usahakan untuk menggosok gigi setelah berenang. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat asam pada air kolam renang.
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi kopi, teh dan minuman berakohol.
  • Jika anda perokok berat maka penulis sarankan agar anda menghisap rokok yang mempunyai filter karena filter pada rokok dapat mengurangi nikotin dan juga cari rokok yang mengandung kadar nikotin yang kecil, disamping itu saya juga menyarankan anda agar menyisipkan suatu obat pada filter rokok guna mengurangi kadar nikotin dan juga suhu panas yang ditimbulkan oleh asap rokok.
  • Periksalah gigi selama enam bulan sekali.
Sekian artikel mengenai Cara Merawat Gigi Agar Terlihat Selalu Putih, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner