Tuesday, December 30, 2014

Penyebab Gampang Lelah atau Capek

Kelelahan atau kecapekan yakni suatu kondisi dimana tubuh merasa tidak bertenaga saat melakukan aktivitas. Kelelahan tidak bisa dianggap sepele atau enteng karena hal ini akan menimbulkan banyak sekali dampak buruk seperti berkurangnya pendapatan sehari-hari, terganggunya beberapa aktivitas pada saat yang sangat dibutuhkan oleh kita bahkan lebih buruk lagi keleahan dapat menyebabkan kematian. Kelelahan disebabkan oleh banyak hal namun pada postingan ini penulis hanya menjabarkan sedikit penyebab manusia gampang lelah yakni:
  • Kurangya tidur.
    Pada umumnya orang-orang yang telah bekerja dianjurkan untuk tidur kurang lebih delapan jam. Namun apabila hal ini dilanggar, sebagai contoh kita hanya tidur hanya selama dua jam sehari maka tubuh kita akan merasa lelah dan kenapa kurang tidur dapat menyebabkan lelah. Hal ini disababkan akrena tubuh harus melalakukan regenerasi sel-selnya, disamping itu tubuh juga harus diberi kesempatan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan dan apabila hal ini tidak diterapkan pada tubuh kita maka tubuh akan mengalami gangguan salah satunya kelelahan.
  • Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi.
    Kurangnya cairan tubuh mengakibatkan terhambatnya seluruh kerja organ tubuh, yang berdampak pada berkurangnya cadangan tenaga dalam tubuh kita. Apabila cadangan tenaga tersebut berkurang maka tubuh akan mengalami kelelahan, sebagai cotoh apabila baterai pada mobil remote control telah berkurang maka jalan mobil tersebut akan melambat dan berakhir pada terhentinya jalan mobil tersebut. Nah, begitu juga dengan manusia apabila terjadi kekurangan tenaga maka tubuh akan lelah.
  • Tidak sarapan di pagi hari.
    Sarapan pagi berhubungan dengan energi kita untuk melakukan aktivitas. Tubuh kita pasti memiliki energi untuk melakuka aktivitas namun energi merupakan cadangan energi yang tubuh dapatkan dari makan malam dan energi cadangan ini jumlahnya tidak banyak. Nah, apa yang terjadi apabila kita bekerja dengan energi yang tidak banyak, maka tubuh akan lelah.
  • Anemia.
    Anemia merupakan kekurangan sel darah merah, hal ini dapat mengkibatkan lelah karena berkurangnya berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari sel darah merah yakni mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Nah, apabila sel darah merah berkurang maka yang bertugas sebagai pengangkut oksigen akan berkurang sebagai hasilnya oksigen pada tubuh juga berkurang. Dan inilah yang menjadi alasan kenapa anemia dapat menyebabkan kelelahan.
  • Gangguan ginjal.
    Gangguan ginjal bisa terjadi karena ginjal tidak mampu menyaring semua buangan dari dalam darah, dan hal ini akan berakibat toksin-toksin dan cairan masuk kembali ke dalam tubuh dan menumpuk. Gangguan ginjal akan menyebabkan timbulnya anemia, seperti yang telah dijabarkan di atas bahwa anemia akan menyebabkan kita menjadi gampang lelah.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
    Berdasarkan penelitian para ahli bahwa orang yang mengkonsumsi kafein terlalu banyak akan lebih cepat lelah dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi dalam batas yang wajar.
Mungkin cukup sekian postingan mengenai Penyebab Gampang Lelah atau Capek, semoga berguna dan bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner