Wednesday, September 24, 2014

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Alami

Menghilangkan jerawat secara alami namun dengan waktu yang relatif singkat menggunakan apa ya ?

Sebelum menjawab pertanyan di atas, simak terlebih dahulu sedikit penjelasan tentang jerawat. Jerawat merupakan suatu kedaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Semua orang pasti mengalami masa ini, namun biasanya terjadi dalam waktu yang tidak lama misalnya hanya 3 bulan atau hanya 1 tahun. Dalam hal ini, beberapa orang yang terkena jerawat dalam waktu yang sangat lama bahkan hingga batas umurnya. Berdasarkan blog inNoLa dengan postingan proses munculnya jerawat, proses munculnya jerawat pada wajah atau punggung manusia disusun dalam beberapa tahap, diantaranya:
Tahap pertama. Terdapat tanda kecil dari jerawat dan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, termasuk munculnya jerawat kecil-kecil. Kondisi seperti ini dapat menghilang dalam rentang waktu 1 hingga 2 hari, kecuali apabila terdapat tanda yang mana jerawat menjadi besar.
Tahap kedua. Merupakan tahapan awal dari jerawat, umumnya dimulai adanya komedo. Terlihat beberapa bintik putih pada wajah atau punggung. Kondisi demikian tidak menimbulkan peradangan, tetapi beberapa hari kemudian akan timbul bintik berwana hitam pada area yang terkena jerawat tahap 2 ini. Apabila seseorang menghilangkannya dengan cara yang kurang steril, maka hal ini menyebabkan jerawat berkembang (membesar).
Tahap ketiga. Akan terlihat peradangan ringan pada umumnya disertai dengan papula (luka kulit yang sedikit membesar tapi dalam ukuran kecil dan padat). Kondisi demikian dikenal juga dengan jerawat ringan, jika bisa diberikan pengobatan yang baik akan mengendalikan jerawat.
Tahap keempat. Dalam tahap ini papula yang terdapat di kulit berkembang dan tampak meradang. Untuk mengobati jerawat pada tahap ini biasanya harus ditangani oleh dokter ahli kulit.
Tahap kelima. Jerawat yang muncul sudah berubah menjadi pastules. Pada dasarnya pastules ini berisi nanah, terlihat meradang dan ada semacam tip putih. Jika sudah mencapai tahap ini, sebaiknya jerawat tidak dipencet sembarangan.
Tahap keenam. Apabila masalah kulit seperti ini tidak terkendali, maka akan memasuki tahap yang sangat parah. Gumpalan akan mulai muncul pada tahap ini. Pastules yang ada lebih berkembang di wajah yang berisi nanah, sel-sel kulit mati, sel darah putih, bakteri dan sebum. Gumpalan yang meradang ini bisa meluas ke bagian kulit yang lebih dalam dan menyebabkan rasa sakit. Jika sudah mencapai kulit yang dalam, maka bisa menyebabkan parut.
Tahap ketujuh. Pada tahap ini kulit akan terlihat memerah dan darah bisa muncul dari jerawat ini jika timbul luka. Tahap ini mengakibatkan infeksi dan meningkatkan potensi jerawat berikutnya.
Tahap kedelapan. Dalam tahap ini penggunaan obat diperlukan untuk membantu membersihkan semua gumpalan (bintil) dan jerawat yang mengandung nanah. Sebaiknya pengobatan ini dilakukan oleh seorang dermatolog agar jerawat lebih terkendali dan tidak berkembang lebih lanjut.
Tahap kesembilan. Kondisi ini adalah salah satu tahapan penyembuhan jerawat yang mana seseorang bisa melihat bekas luka atau titik bekas jerawat. Untuk menghilangkannya diperlukan perawatan khusus terhadap bekas luka jerawat untuk menghindari jaringan parut permanen.
Adapun penyebab dari jerawat adalah:
  1. Genetik.
    Apa yang pernah dialami oleh salah satu orang tuanya, pasti akan dialami oleh salah satu anaknya. Misalnya salah satu orang tuanya berjerawat maka anaknya demikian.
  2. Sel-sel kulit mati.
    Dalam kasus ini, sel-sel kulit mati bercampur dengan kelebihan kelenjar minyak yang dihasilkan oleh hormon androgen akan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah, punggung atau lengan atas.
  3. Faktor makanan.
    Jerawat ditimbulkan oleh kelebihan kelenjar minyak, jadi jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak seperti kacang tanah dan telur, maka hal tersebut akan menyebabkan kelebihan kelenjar minyak yang diproduksi oleh tubuh anda dan hal inilah yang menyebabkan jerawat timbul.
  4. Stres.
    Hati-hati dengan stres, karena hal ini akan mempengaruhi banyak hal dalam tubuh anda seperti yang satu ini. Stres secara tidak langsung menimbulkan jerawat namun stres akan mempengaruhi bermaca-macam hormon pada tubuh anda dan apabila stres yang anda alami mempengaruhi hormon androgen maka jerawat akan timbul.
  5. Masa puber.
    Pada masa ini seorang anak laki-laki atau perempuan akan mengalami peningkatan produksi sebum (zat yang mengandung minyak guna meminyaki kulit). Namun hal ini tidak dialami oleh remaja-remaja yang sedang masa puber.
  6. Tangan yang kotor.
    Percaya atau tidak percaya, ternyata tangan yang kotor dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah kita. Hal ini pernah penulis alami ketika penulis tidak mandi seharian (buka kartu jadinya) dan penulis selalu memegang hidung. Hasilnya, jerawatpun muncul pada area hidung tersebut.
Bukan hanya itu saja penyebab timbulnya jerawat, namun masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut. Salah satu artikel dari penulis yang berkaitan dengan faktor penyebab jerawat yakni Apa Penyebab Timbulnya Jerawat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut yuk kita simak tulisan di bawah ini:
  • Cara menghilangkan jerawat pertama rajin-rajinlah membersih wajah.
    Artikel ini menjelaskan cara menghilangkan jerawat alami dan cepat
    Gambar orang membersihkan wajah
    Hal ini dimaksudkan agar wajah anda terhindar dari sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat dan menghindari kulit wajah dari kotoran lainnya. Dalam hal ini, membersihkan wajah cukup 2 kali sehari tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Kenapa demikian, karena keseringan membersihkan wajah akan mengakibatkan pengkikisan sel kulit yang akhirnya mengurangi pasokan minyak guna perlindungan wajah anda. Dalam membersihkan wajah anda harus mewaspadai pembersih wajah yang anda gunakan, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang cocok untuk kulit anda atau yang biasa anda gunakan.
  • Cara menghilangkan jerawat kedua konsumsi buah dan sayur-sayuran hijau.
    Buah dan sayur untuk menghilangkan jerawat
    Gambar buah dan sayur hijau
    Selain digunakan untuk diet sehat, hal ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah, kulit punggung dan kulit lengan bagian atas. Mengkonsumsi sayur dan buah berfungsi untuk melarutkan minyak yang ada tubuh anda, seperti yang anda ketahui penyebab dari jerawat yakni minyak berlebihan pada kulit terluar. Selain itu, buah dan sayur juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit anda dan juga menangkal radikal bebas.
  • Jangan sekali sekali menyentuh jerawat.
    Dilarang memegang jerawat ketika jerawat muncul
    Dilarang pegang jerawat
    Terkadang kita gemes dengan jerawat yang ada pada wajah, sama halnya dengan penulis namun setelah membaca dari banyak artikel di internet kegiatan ini sangatlah membawa dampak yang jauh lebih bahaya. Karena apa, karena dengan menyentuh jerawat akan menyebabkan bekas jerawat yang berwarna hitam atau merah, dapat menyebabkan wajah menjadi bopeng, dan menyebabkan meuncul jerawat lainnya. Oleh sebab itu, usahakan jangan memegang jerawat.
Untuk mempercepat menghilangan jerawat, ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan, diantaranya:
  • Masker alami jerawat pertama dengan menggunakan putih telur.
    Tahukan anda manfaat putih telur bagi kulit anda, ya benar sekali putih telur bermanfaat untuk melembutkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, mengurangi minyak berlebihan, menghilangkan komedo dan menghilangkan jerawat. Untuk penggunaannya dapat anda baca pada postingan penulis sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Masker Telur.
  • Masker jerawat alami kedua menggunakan lendir bekicot.
    Hal ini sudah tidak asing lagi dalam dunia kecantikkan, lendir binatang ini telah digunakan oleh orang-orang pada zaman yunani kuno. Nah, lendir binatang ini mengandung banyak bahan diantaranya protein kompleks, asam glikolat, elastin, hyaluronic acid, copper peptide, dan tembaga. Bahan-bahan yang terdapat pada lendir bekicotlah yang diyakini dapat menghilangkan jerawat. Untuk menggunakannya cukup sederhana yakni anda olesi lendir binatang ini ke bagian kulit yang berjerawat.
Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan yang mengandung kimia seperti:
  • Lipstik merah.
    Penulis tidak terlalu mengetahui kenapa lipstik merah dapat menghilangkan jerawat tetapi berdasarkan pengalaman pacar penulis, dia menggunakan lipstik merah guna menghilangkan jerawat dan hasilnya jerawat pada wajahnya hilang bahkan jerawat tersebut tidak meninggalkan bekas hitam, namun cara ini harus rutin anda lakukan. Cara menggunakannya yakni oleskan sedikit lipstik merah pada bagian kulit yang terkena jerawat, sebaiknya gunakan menjelang tidur.
  • Bedak herosin.
    Sama seperti alasan di atas, penulis tidak mengetahui pasti pengaruh bedak herosin terhadap jerawat. Namun berdasarkan pengalaman yang pernah dialami oleh teman-teman wanita penulis hal ini dapat menghilangkan jerawat hingga tidak meninggalkan bekas. Cara menggunakannya cukup sederhana, gunakan bedak ini sebagai pengganti bedak wajah anda.
Saran penulis, sebaiknya jangan gunakan bahan alami yang menyebabkan wajah teriritasi, contohnya adalah bawang putih. Seperti yang kita ketahui bahwa buah ini akan menyebabkan kulit menjadi terbakar dan hasilnya jerawat meradang, menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Mungkin cukup sekian postingan mengenai Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Alami, semoga bermanfaat.
Sumber:
Lendir bekicot yang menjijikkan bisa jadi obat mujarab jerawat
Penyebab jerawat
Jerawat
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner