Thursday, January 7, 2016

9 Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

9 tips lulus kuliah tepat waktu-Setelah lulus SMA atau SMK sebagian siswa pastinya melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Pada mulanya mereka mungkin berfikir jika kuliah itu asik, seru, dan bebas. Jika mereka berfikir asik, memang benar asik sebab jam kuliah yang tidak terlalu panjang membuat kita lebih sering berkumpul bersama teman. Seru, memang benar seru sebab ada dosen-dosen tertentu yang suka memberikan tantangan kepada kita. Bebas, benar juga jika dikatakan bebas sebab kita menggunakan pakaian yang bebas, mau masuk kuliah terserah kita, dan boleh mengangkat telepon (dengan catatan minta izin ke dosen yang bersangkutan). Namun, seiring berjalannya waktu banyak sekali tantangan yang membuat kita tidak lulus kuliah tepat waktu seperti tugas yang begitu banyak, ajakan teman, keasikan pacaran, lebih suka mengikuti forum-forum yang ada di kampus bersangkutan, larut dalam suasana unit kegiatan mahasiswa, dan masih banyak lagi. Sebenarnya jika kita lulus kuliah tepat pada waktunya akan lebih banyak kesenangan, keseruan, dan kebebasan yang kita dapatkan dikemudian harinya, oleh sebab itu jangan tunda waktu kelulusan Anda. Nah, ada 9 tips yang dapat membantu agar Anda dapat lulus kuliah tepat waktu yakni:


1. Utamakan kuliah dari pada tidur.
Hal ini sangat cocok bagi kita yang hobinya begadang. Umumnya seseorang yang selalu begadang pastinya tidur pagi atau subuh dan bangun di siang harinya atau sore. Nah, hal seperti ini pastinya menyebabkan kita tidak masuk kuliah dan pada akhirnya nilai tidak lulus. Untuk mensiasatinya, tahan kantuk hingga jam kuliah akan dimulai, kemudian cuci muka Anda, berangkatlah kuliah. Setelah jam perkuliahan berakhir maka bersihkan diri Anda dan tidur. Percayalah, langkah ini sangat menunjang agar Anda cepat lulus kkuliah.


2. Kerjakan tugas sedini mungkin.
Dalam masa perkuliahan, ada beberapa dosen yang selalu memberikan tugas setiap jam perkuliahannya berakhir. Alangkah lebih baiknya jika tugas tersebut dikerjakan selagi menunggu waktu jam kuliah berikutnya atau dikerjakan pada malam harinya (dengan catatan daam hari yang sama ya). Bayangkan jika tugas tersebut tidak dikerjakan dan pada keesokkan harinya diberi tugas oleh dosen yang lain. Pastinya tugas tersebut akan numpuk, sehingga ketika hari H tugas tersebut dikumpulkan kita bergadang mengerjakannya. Dampaknya kita menjadi keletihan sehingga kurang semangat menjalani perkuliahan dan yang lebih buruknya lagi jika kita tidur setelah tugas tersebut diselesaikan yang menyebabkan kita mendapatkan dua kerugian sekaligus. Maka dari itu, segera kerjakan yang diberikan dosen.

3. Cicilah laporan praktek Anda.
Sebenarnya praktek itu sangat asik, misalnya kita mengetahui sesuatu yang belum pernah kita lihat dan pastinya kita turut serta dalam melakukan percobaan yang sedang dijadwalkan. Namun, ada sesuatu yang tidak asik yakni laporan dan responsi praktek. Terkadang dosen yang memegang mata kuliah praktek akan menerima hasil laporan praktek setelah semua perintah dalam modul praktek diselesaikan (1 modul terkadang menghabiskan waktu lebih dari satu bulan). Bayangkan jika satu patah kalimat tidak Anda tulis atau satu halaman ketas HVS tidak Anda tulis maka laporan tersebut akan menumpuk dan ketahuilah dalam satu modul terkadang lebih dari 10 halaman dan ditulis tangan. Pastinya Anda akan melakukan sistem SKS yakni Sistem Kebut Semalam. Apa yang terjadi jika melakuan sistem tersebut, badan lemah seperti zombi dan tidur dipagi hari. Nah, dua hal ini yang membuat kita menjadi malas kuliah dan laporan tersebut tidak selesai pada waktunya, sehingga mata kuliah praktek menjadi tidak lulus. Oleh sebab itu, segera tulis hasil beserta landasan teori praktek yang baru saja diselesaikan.

4. Temuilah dosen yang bersangkutan jika Anda kurang mengerti mata kuliahnya.
Hal ini membuat kita mendapatkan dua keuntungan sekaligus yakni mengerti dan dikenal dosen. Sebenarnya, dikenal oleh dosen memberikan keuntungan yang sangat besar bagi kita, yakni kita akan selalu mendapatkan nilai yang baik, alasannya rahasia ya (nanti juga Anda dapatkan jawabannya). Umumnya banyak mahasiswa yang melakukan trik ini agar mereka selalu mendapatkan nilai yang cukup baik dan banyak dari mereka yang berhasil menerapkan cara demikian. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara ini.

5. Berani bertanya, menjawab, dan tampil di depan.
Disela-sela perkuliahan, terkadang dosen memberikan soal, pertanyaan, dan mempersilahkan mahaisiswa/i nya bertanya. Sebaiknya ajukan pertanyaan jika ada beberapa penjelasan yang kurang Anda pahami atau jawablah soal dan pertanyaan nya jika Anda memang paham. Dengan begini Anda akan mudah dikenal oleh sang dosen, selain itu hal ini juga memberikan nilai tambahan bagi Anda yang selalu aktif. Dengan demikian kemungkinan untuk mengulang mata kuliah tersebut mencjadi kecil.

6. Latih diri Anda dalam hal menulis.
Menulis mempunyai banyak sekali manfaat bagi kita, diantaranya melatih mengolah kalimat sehingga pembaca dapat memahami makna kalimat tersebut, melatih kecerdasan, dan menghasilkan uang. Ketahuilah semakin Anda mahir dalam hal menulis maka semakin sedikit coretan skripsi atau laporan kerja praktek atau PKL Anda, kecuali jika refrensi yang Anda gunakan tidak benar.

7. Jangan desak pembimbing Anda agar cepat mengesahkan skripsi.
Ketahuilah hal ini justru akan membuat pembimbing skripsi memperlambat atau bahkan mengerjai Anda, sebab mereka tidak hanya membimbing atau mengkoreksi skripsi kita saja tetapi masih ada orang lain yang harus dibimbingnya atau dia juga harus mengkoreksi tugas, kuis, dan hasil ujian mahasiswa/i lainnya. Jadi waktu mereka sangat padat dibandingkan dengan kita. Oleh sebab itu, tanyailah waktu luang dosen pembimbing dan mintalah bimbingannya hingga skripsi yang Anda kerjakan benar-benar baik di matanya.

8. Turiti kata-kata pembimbing Anda.
Dengan menerapkan cara ini dosen pembimbing akan mempermudahkan Anda, misalnya jika ada beberapa kalimat dalam naskah skripsi yang tidak sesuai maka dosen pembimbing yang akan membenarkannya. Bayangkan jika Anda selalu membantah perkataannya, pembimbing pastinya akan bosan dan jengkel dengan Anda sebab mereka lebih tahu duluan dibandingkan dengan kita. Kecuali jika pendapatnya tidak sesuai dengan refrensi terkait atau jika disuruh nya diluar kemampuan Anda dan itupun harus dibicarakan dengan kalimat yang tidak menyinggung hatinya.

9. Pada saat sidang usahakan jangan tegang.
Pada umumnya mereka akan menjatuhkan mental kita saat sidang skripsi, tidak tahu jelas apa alasan mereka melakukan hal demikian. Nah, jika mental kita jatuh maka pertanyaan sederhanapun menjadi pertanyaan yang sangat sulit dan hal tersebut membuat nilai skripsi kita anjlok. Oleh sebab itu, santai saja di ruang sidang namun tetap serius.

Namun satu hal yang perlu diingat, berdoalah kepada TUHAN YANG MAHA ESA sebab dialah yang sangat membantu Anda dalam segala hal, dan berusahalah agar sesuatu tersebut dapat Anda raih.

Demikian 9 tips lulus kuliah tepat waktu, semoga rtikel ini membantu Anda.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner