Wednesday, January 20, 2016

Malas Melanda Anda Berikut Solusinya

Pada saat ingin mengerjakan sesuatu, pastinya rasa malas akan selalu menghampiri kita. Malas akan datang jika ide, alat, bahan, dan lain sebagainya telah habis atau jenuh pada saat proses pengerjaannya. Misalnya pada saat kita ingin membuat kursi kayu dan pada saat yang sama kayu sebagai bahan dasar telah habis maka pada saat tersebutlah rasa malas melanda Anda. Ketahuilah, rasa malas hanya membuat kita tertinggal, oleh sebab itu ketika rasa malas harus segera dihilangkan. Ketika rasa malas melanda Anda berikut solusinya:
  • Pikirkan untuk apa pekerjaan tersebut.
    Langkah ini dimaksudkan agar kita selalu termotivasi dengan pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Misalnya saat sedang malas menulis skripsi, langkah dasar untuk membuang rasa malas yang melanda saat mengerjakannya adalah memikirkan untuk apa skripsi tersebut dikerjakan.
  • Pikirkan alternatif lain.
    Pada saat kita mengerjakan sesuatu, pasti ada saja bahan, alat, atau ide yang habis. Nah, pada kondisi inilah yang menjadikan kita malas untuk mengerjakan hal tersebut. Untuk mengatasinya adalah dengan memilih cara atau alternatif lain agar benda yang sedang dikerjakan dapat selesai tepat waktu. Misalnya dalam pembuatan kursi kayu, bahan baku yang kita gunakan habis, maka alternatif lainnya adalah mengganti kayu dengan bambu atau kayu bulat yang berukuran kecil. Selain membuang rasa malas, alternatif lain juga akan menghasilkan yang lebih baik dari yang sebelumnya kita pikirkan. Misalnya kursi kayu yang kita buat menjadi lebih unik.
  • Ajaklah beberapa orang teman untuk mengerjakannya.
    Peranan teman sangat membantu membuang rasa malas, sebab mereka akan selalu mendorong kita untuk mengerjakannya. Misalnya pada saat menulis ksripsi dan kita kehabisan ide, seorang teman pastinya akan membantu kita mencari ide tulisan sehingga skripsi yang kita kerjakan tuntas. Selain itu, seorang teman juga dapat menghilangkan rasa bosan dalam mengerjakan sesuatu.
  • Buatlah deadline atau batas waktu dalam pengerjaannya.
    Hal ini dilakukan agar kita selalu terdorong untuk mengerjakan sesuatu hal. Dengan adanya deadline kita akan selalu berusaha dan berusaha agar barang tersebut selesai tepat waktu atau kurang dari waktu yang ditentukan.
  • Buatlah daftar kegiatan.
    Langkah yang satu ini dilakukan agar kita tidak hanya terfokus pada pekerjaan tersebut, melainkan ada kegiatan lain yang membuat kita tidak bosan melakukan pekerjaan tersebut. Dimisalkan pekerjaan tersebut sayur dan bumbu adalah kegiatan lain, maka pekerjaan akan terasa hambar atau tidak enak dikerjakan jika tidak ada kegiatan lain yang menghilangkan rasa jenuh dalam proses pengerjaannya.
  • Beristirahatlah sejenak.
    Beristirahat sejenak dimaksudkan agar kita tidak capek, karena capek merupakan salah satu faktor pendorong rasa malam.
Satu kalimat motivasi untuk menghilangkan rasa malas
Lebih baik pelihara kambing daripada pelihara malas, sebab jika kambing sudah besar maka berharga cukup mahal, tetapi jika malas sudah besar maka seseorang sudah tidak ada harganya lagi.
Baiklah, cukup sekian artikel mengenai  Malas Melanda Anda Berikut Solusinya, semoga membantu.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner