Sunday, June 21, 2015

Penyebab Demam Pada Tubuh Manusia

Terkadang demam memang mengganggu aktivitas kita, baik itu aktivitas kerja maupun aktivitas rumah tangga. Demam hanya membuat seseorang untuk istirahat dan menuntut orang untuk selalu minum obat. Disamping itu, demam sangat menyiksa badan kita, membuat tubuh kita merasa tidak enak, membuat tubuh menjadi panas ataupun dingin dan membuat tubuh menjadi sakit, yang pastinya demam membuat kita merasa serba salah. Demam dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana suhu tubuh melebihi 37 derajat Celcius yang disebabkan oleh penyakit tau peradangan. Demam juga bisa diartikan sebagai pertanda bahwa antibodi manusia sedang melawan suatu virus atau bakteri. Demam memiliki tiga fase, diantaranya fase kedinginan, fase demam, dan fase kemerahan. Fase kedinginan adalah fase dimana suhu tubuh meningkat yang ditandai dengan aktivitas otot menghasilkan panas berlebihan. Fase demam adalah fase dimana demam yang terakumulasi tersebut kemudian akan mengalami keaddan setimbang. Dan fase kemerahan ialah penurunan suhu tubuh atau fase penyembuhan, hal ini ditandai dengan keluarnya keringaat seseorang yang mengalami demam. Seperti yang anda ketahui bahwa demam memiliki banyak tipe atau jenis diantaranya:
  • Demam viral.
    Demam ini muncul dikarenakan infeksi virus dan pada umumnya demam jenis ini terjadi selama kurun waktu 9 hari yang disertai denag sakit pada tenggorokkan.
  • Demam berdarah dengue.
    Demam ini sangatlah berbahaya, apabila demam ini tidak segera disembuhkan maka demam yang satu ini akan menyebabkan kematian terhadap penderitanya dan dikenal sebagai DBD.
  • Demam sektik atau hektik.
    Jenis demam yang satu ini akan menyebabkan suhu tubuh naik ketika malam hari, suhu tubuh akan menurun pada pagi hari. Masa inkubasi demam septik dapat berlangsung 7-21 hari, beberapa gejala awal dari demam ini antara lain sakit kepala bagian depan, nyeri otot, bercak-bercak pada lidah kotor, dan gangguan pada perut.
  • Demam remiten.
    Ciri-ciri demam ini yakni suhu tubuhturun setiap harinya dan tidak bisa kembali mencapai suhu normal.
  • Demam kontinyu.
    Pada jenis demam ini suhu tubuh akan bervariasi atau terus berubah-ubah sepanjang hari.
  • Demam siklik.
    Demam jenis ini ditunujkkan dengan terjadi kenaikan suhu badan selama beberapa hari yang diikuti dengan periode bebas demam, beberapa hari kemudian disertai dengan kenaikan suhu seperti semula.
Setelah kita mengetaui fase-fase demam dan jenis-jenis demam, penyebab demam ialah:
  1. Infeksi.
    Infeksi mikroorganisme yang menyebabkan demam
    Dalam hal ini, demam yang disebabkan oleh infeksi merupakan infeksi mikroorganisme. Demam yang disebabkan infeksi mikroorganisme ini akan sembuh dengan sendirinya apabila dipicu oleh virus namun apabila dipicu oleh maka seorang pasien harus diberi antiboitik. Seperti yang anda ketahui, laboratrium membutuhkan waktu untuk menganalisa jenis infeksi mikroorganisme ini, apakah dipicu oleh virus atau dipicu oleh bakteri oleh karena itu para para ahli hanya memberikan antibiotik kepada pasien yang bersangkutan.
  2. Perubahan suhu lingkungan.
    demam yang disebabkan perubahan suhu
    Pada masa ini, panas yang dipancarkan oleh matahari akan menurun atau malah bertambah panas (suhu menjadi dingin atau malah bertambah panas). Sifat perubahan tersebut akan mempengaruhi masalah klinis yang dialami oleh orang-orang. Pada masa ini, demam dapat terjadi karena mekanisme pengeluaran panas tidak mampu untuk mempertahankan kecepatan pengeluaran kelebihan produksi panas, yang mengakibatkan peningkatan suhu tubuh. Selain itu, penyebab demam yang dikarenakan perubahan suhu lingkungan karena penurunan imunitas (sistem kekebalan tubuh) yang disebabkan penyesuaian suhu tubuh terhadap suhu lingkungan. Sebagai dampaknya, mikroorganisme tersebut masuk ke dalam tubuh dan menyerang tubuh kita.
  3. Kelelahan melakukan aktivitas.
    hat-hati, lelah dapat menyebabkan demam
    Kondisi ini sangat berkaitan dengan penurunan sistem kekbalan tubuh, seperti yang kita ketahui bahwa apabila sistem kekebalan tubuh menurun maka mikroorganisme akan masuk dan mulai menyerang tubuh, sebagai hasilnya kita akan mengalami demam.
  4. Tertular.
    Untuk menjelaskan point yang satu ini, penulis menggunakan contoh. Ketika penulis sedang merawat seseorang yang terkena demam, pada esok harinya penulis terkena demam juga. Nah, dari penjelasan tersebut demam dapat tertular dari si A ke si B namun hal tersebut disesuaikan dengan kondisi tubuh orang yang akan ditularkan demam. Apabila kondisi tubuh orang tersebut dalam kondisi yang baik maka demam tidak akan tertular sebaliknya apabila kondisi fisik seseorang sedang buruk maka demam secara otomatis akan tertular.
  5. Gigitan nyamuk.
    nyamuk aedes aegypti
    Seperti yang anda ketahui, bahwa demam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah demam berdarah. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang bernama dengue yang dibawa oleh  nyamuk aedes aegypti dan demam yang seperti ini merupakan demam yang sangat berbahaya.
Mungkin cukup sekian postingan mengenai Penyebab Demam Pada Tubuh Manusia, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner