Tuesday, June 16, 2015

7 Makanan Yang Dihindari Saat Berbuka Puasa

Bagi kaum muslim, bulan puasa sudah mulai dekat. Pada masa tersebut seseorang haru bisa menahan rasa lapar dan haus dari pagi hingga sore, dan akan memulai makan dan minum setelah adzan maghrib. Biasanya pada saat berbuka puasa, pola makan seseorang menjadi tidak terkontrol. Namun tahukah anda ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama berbuka puasa. Kenapa makanan-makan tersebut harus dihindari, hal ini akan menyebabkan berat badan anda menjadi naik atau anda akan mengalami yang dinamakan obesitas. Nah, berikut merupakan daftar makan yang wajib anda hindari saat berbuka puasa:
  1. Makanan yang mengandung santan.
    Pada saat sore hari anda pasti banyak sekali menemukan jajanan-janan yang mengunggah selera, pastinya tidak jarang anda menenmukan makanan atau minuman yang mengandung santan bukan. Sebaiknya makanan tersebut anda hindari untuk dibeli atau dikonsumsi saat anda berbuka puasa. Kenapa demikian, makanan yang mengandung santan akan menyebabkan kolesterol meningkat, tekanan darah meningkat dan kadar gula darah meningkat.
  2. Makanan berlemak.
    Dalam hal ini, contoh sederhanan makanan berlemak merupakan gorengan yang biasa kita jumpai pada pedagangn kaki lima yang biasa mangkal pada sore hari. Kenapa makanan jenis ini dilarang saat saat berbuka puasa, yuk kita simak sedikit penjelasan berikut. Makanan yang mengandung lemak akan membuat kita menjadi gemuk selain itu ulu hati kita akan menjadi sakit, disamping itu makan berlemak akan menyebabkan kita menjadi kenyang sehingga makan bernutrisi lainnya akan terlupakan oleh kita.
  3. Minuman bersoda.
    Minuman bersoda memang enak untuk kita minum, apalagi ketika cuaca sedang panas. Pastinya sangat menguunggah dahaga apabila kita melihat minuman yang satu ini, namun tahukah anda minuman soda akan mengganggu sistem pencernaan tubuh.
  4. Makanan pedas.
    Pagi penggemar cabai atau merica pastinya sangat aneh makan tanpa bumbu yang satu ini, namun pada saat bulan puasa sebaiknya anda hindari makanan yang pedas pada saat berpuasa, kenapa demikian. Hal ini dikarenakan makanan pedas akan merusak dinding lambung anda, seperti yang anda ketahui bahwa pada saat anda berpuasa keadaan asam lambung anda tidaklah setabil apabila keadaan seperti ini anda tambah dengan makanan pedas maka anda akan mengalami sakit maag.
  5. Makanan dengan kadar gula terlalu tinggi.
    Makanan berjenis ini pastilah akan digemari pada saat orang-orang merasa lapar dan haus, disamping rasanya yang enak makanan ini juga mempunyai bentuk yang amat sangat indah dan sangat menggoda kita. Namun perlu anda sadari bahwa makan yang mengandung kadar gula terlalu tinggu dapat memicu penyakit yang bernama diabetes.
  6. Buah yang mengandung kadar asam terlalu tinggi.
    Pada point ini, contoh sederhana dari buah ini yakni jeruk, lemon, anggur dan mangga. Buah-buah seperti ini akan memicu kadar asam lambung meningkat dan yang terjadi ialah anda akan mengalami sakit maag.
  7. Sayuran yang mengandung kada asam terlalu tinggi.
    Sama seperti point nomor 6, sayuran jenis ini akan meningkatkan kadar asam lambung anda. Ada banyak sekali sayuranyang mengadung kadar asam terlalu tinggi, diantarnaya kol dan sawi, oleh sebab itu pilihlah sayuran yang mengadung serat tinggi diantaranya bayam, lobak, kentang, dan kubis merah.
Mungkin cukup sekian postingan mengenai 7 Makanan Yang Dihindari Saat Berbuka Puasa, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner