Thursday, June 18, 2015

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Pada saat anda berpuasa, permasalahan yang sering terjadi ialah bau mulut. Hal tersebut terjadi pada saat anda mengobrol atau berbicara dengan teman atau saudara anda, namun pernahkah anda bayangkan apa yang terjadi saat anda berbicara dengan bos ternyata mulut anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pastilah anda akan merasa minder atau mau saat bos atau pimpinan anda menunjukkan reaksi yang menyatakan mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap saat berbicara dengannya.
Bau mulut saat puasa, ini solusinya
Tahukah anda, apa yang menyebabkan ulut anda mengeluarkan bau yang tidak sedap saat sedang berpuasa, bau mulut saat seseorang berpuasa disebabkan oleh:
  • Pada saat orang berpuasa, mulut akan memproduksi saliva dalam jumlah yang sedikit dan hal ini menyebabkan bakteri berkembang biak dengan sangat pesat dan inilah yang mempengaruhi bau mulut anda menjadi tidak sedap. Tahukah anda, apa itu saliva, yup saliva adalah air liur. Normalnya, saliva pada tubuh kita berkisar 0.5-1.5 liter, namun pada orang yang berpuasa jumlah saliva berkurang dari angka yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Disebabkan karena makanan yang anda makan saat sahur atau berbuka puasa merupakan makan yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang dapat menyeybabkan bau mulut sangatlah mudah anda temukan, diantaranya jengkol, petai, bawang. Selain makanan tersebut ternyata daging juga bisa menghasilkan bau mulut yang tidak sedap, kenapa demikian, hal ini disebabkan karena daging merupakan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut yakni makanan yang mempunyai jenis berlemak, mengandung gas, dan sulit dicerna.
  • Bau mulut muncul karena beberapa penyakit, seperti penyakit maag, gigi berlubang, radang gusi.
  • Bau mulut saat kita berpuasa disebabkan oleh kurangnya karbohidrat pada tubuh kita. Hal ini menyebabkan tubuh membakar lemak sebagai energi untuk beraktivitas sehari-hari, hasilnya proses pembakaran ini menghasilkan sebuat zat yang bernama "Ketone" dan zat inilah yang menyebabkan bau mulut.
Masih banyak hal lain yang dapat menyeybabkan bau mulut yang penulis tidak bisa sebutkan satu persatu penyebabnya tersebut. Untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa, mari kita simak caranya di bawah ini:
  1. Gosoklah gigi anda setelah berbuka maupun setelah makan sahur, namun jangan lupa untuk menggosok lidah juga. Kenapa kita wajib menggosok lidah, ini alasannya jika lidah tidak dibersihkan maka hal ini akan menyebabkan plak akan menempel pada bagain atas lidah dan plak ini mengundang bakteri untuk berkembang biak sehingga menyebabkan bau mulut.
    Cara menggosok gigi yang baik dan benar
  2. Hindari makan yang menyebabkan bau tidak sedap pada mulut, makan penyebab bau mulut tersebut telah tertulis di atas, tepatnya pada point nomor 2.
    makan yang dapat menyebabkan bau mulut
  3. Setelah gosok gigi jangan lupa untuk berkumur dengan cairan khusu, hal ini bermanfaat agar mulut menjadi lebih bersih karena seperti yang kita ketahui bahwa dengan menggosok gigi tidak cukup maksimal untuk membersihkan mulut maka dari itu diperlukan cairan khusus guna mengatasi permasalahan tersebut.
  4. Pada saat sahur atau berbuka puasa, konsumsilah makan yang mengandung serat seperti brokoli, bayam, lobak, kentang. Seperti yang anda ketahui bahwa makanan yang mengandung serat selain bermanfaat untuk melangsingkan badan makan ini juga bermanfaat sebagai menetralkan metabolisme dalam tubuh, sehingga masalah bau mulut dapat teratasi.
  5. Minumlah air putih secukupnya, berdasarkan pendapat para ahli tubuh kita membutuhkan air putih sebanyak 8 liter. Jadi saat anda sedang sahur baiknya minumlah air putih minimal 4 gelas sehingga pada siang hari anda tidak kekurangan air. Selain dari air putih, cukupi kebutuhan air dalam tubuh dari buah-buahan seperti buah semangka.
  6. Konsumsilah teh hijau. Tahukah anda bahwa teh hijau dapat membantu permasalah bau mulut, berdasarkan dari beberapa blog yang penulis baca teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi bau mulut, seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berjenis epigallocathecin 3 gallate (EGCG) yang dapat memerangi bau mulut kita.
Mungkin Cukup sekian postingan megenai Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner