Thursday, September 3, 2015

Tips Agar Kentut Tidak Bau

Kentut jika tidak dibuang maka kita akan merasa sakit, namun jika dibuang akan menggangu orang-orang disekitar kita, terlebih lagi jika kentut beraroma tidak sedap pastinya orang-orang akan marah mencium kentut yang berbau demikian. Nah, agar kentut tidak bau, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan. Namun, kita simak terlebih dahulu beberapa penjelasan tentang kentut.
tips agar kentut tidak bau
Kentut atau buang angin merupakan suatu proses pengeluaran gas melalui dubur yang disebabkan akumulasi gas di dalam perut. Manusia yang sehat pada umumnya kentut 14-20 kali dalam sehari, apabila kurang dari itu maka ada masalah tertentu pada pencernaan anda. Kentut umunya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
  • Makanan yang mengandung gas, seperti ubi kayu atau singkong.
  • Menelan udara.
  • Makan terlalu terburu-buru.
  • Mengkonsumsi softdrink atau minuman bergas.
  • Kesehatan anda kurang baik, seperti sakit perut.
Nah, dari beberapa penyebab kentut di atas, yang menyebabkan kentut menjadi beraroma tidak sedap adalah bakteri, bakteri tersebut akan menghasilkan belerang dari makanan-makanan tertentu, misalnya makanan berserat tinggi. Makanan yang mengandung serat cukup tinggi sangat sulit dicerna oleh usus sehingga bakteri yang ada pada usus mencerna makanan ini dan menghasilkan belerang. Agar kentut tidak bau, berikut tips yang dapat anda lakukan:
  1. Konsumsi teh herbal.
    Dengan mengkonsumsi teh herbal setelah makan dapat mencegah terbentuknya gas di usus. Agar hasil yang diperoleh lebih maksimum sebaiknya konsumsi teh peppermint, teh ini dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan baik dengan begitu kentut berbau tidak sedap akan terhindar dari anda.
  2. Kurangi makanan yang menghasilkan gas.
    Ubi atau singkong merupakan jenis makanan yang dapat memicu gas di perut. Selain itu, batasi juga mengkonsumsi alkohol dan softdrink karena kedua jenis minuman ini dapat membuat anda sering kentut dan bau kentut menjadi tidak sedap.
  3. Perhatikan asupan beberapa produk susu.
    Sebaiknya anda perhatikan saat mengkonsumsi susu, keju, dan yougurt apakah gas dalam perut meningkat, karena mungkin saja sistem pencernaan anda tidak cocok terhadap produk susu seperti ini, dan hal ini akan menyebabkan anda sering kentut dengan aroma yang kurang sedap.
  4. Rajin dan rutin berolahraga.
    Berolahraga secara teratur dapat mengurangi kentut yang berlebihan dan kentut beraroma kurang sedap. Selain itu, olahraga juga akan membantu kerja sistem pencernaan yang sehat sehingga tidak menghasilkan gas yang berlebihan.
  5. Ubah kebiasaan makan.
    Ubah kebiasaan makan untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan benar dan mengurangi udara yang masuk ke perut saat makan. Kunyahlah makanan dengan perlahan, mulut tertutup, tidak dengan gigitan besar dan tidak bicara saat makan. Jangan gunakan sedotan saat minum dan hindari permen karet untuk mencegah lebih banyak udara masuk ke perut.
Demikian artikel mengenai tips agar kentut tidak bau, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner