Wednesday, September 30, 2015

Cara Agar Tidur Tidak Ngorok

Cara mudah agar tidur tidak ngorok
Tidur ngorok atau mendengkur umumnya terjadi apabila kita tidur saat capek, hal ini juga sering terjadi pada orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Dapat dikatkan orang-orang lebih dari 50 tahun lebih cendrung ngorok saat tidur disebabkan sejalan dengan pertambahan usia, sebagian orang mulai mengalami pengenduran otot-otot dan penumpukan lemak khususnya bagian tenggorokan. Apabila otot-otot dan jaringan-jaringan berdaging dalam tenggorokan mengendur dan melebar, hal ini dapat meyebabkan menyumbat sebagian jalan napas. Disamping itu, ada juga faktor lainnya yang menyebabkan seseorang ngorok atau mendengkur saat tidur, dianratanya:
  1. Posisi pada saat tidur.
    Posisi tidur yang menyebabkan Anda mengorok adalah posisi telentang. Hal ini disebabkan pada saat Anda tidur dengan posisi telentang, mulut Anda akan cenderung terbuka dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan, hal ini menyebabkan penyumbatan saluran nafas sehingga berdampak pada suaradengkuran.
  2. Faktor obesitas.
    Dapat dikatakan bahwa faktor obesitas dapat menyebabkan tidur ngorok dikarenakan jaringan lemak di sekitar leher menekan udara selama tidur, shingga menyebabkan obstruksi udara dan getaran jaringan lunak pada tenggrokkan orang tersebut.
  3. Anatomi dari tubuh Anda.
    Saluran napas yang sempit menyebabkan kesulitan untuk menghirup dan membuang napas, dan hal inilah yang menyebabkan Anda ngorok pada saat tidur. Selain itu, demam, polip dan alergi juga memperburuk keadaan yang disebabkan dapat menghambat jalan napas.
Nah, untuk mengatasi atau mengurangi bunyi aneh saat Anda tidur, nari kita simak Cara Agar Tidur Tidak Ngorok di bawah ini:
  • Hindari makan yang berlebihan pada saat makan malam.
    Hal ini dilarang karena jika Anda makan terlalu banyak maka proses pencernaan membuat otot-otot tenggorokan Anda menjadi santai dan lemas yang menyebabkan tidur Anda menjadi ngorok.
  • Sebaiknya, kurangi atau hendtikan kegiatan merokok.
    Orang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki risiko dua kali lebih besar tidur ngotok dibandingkan dengan yang tidak merokok. Hal ini disebabkan racun yang ada pada rokok, sehingga saluran udara yang menyempit akibat peradangan. Peradangan ini terjadi pada jaringan pernapasan, tepatnya pada tenggorokan dan menghasilkan selaput lendir tambahan. Selaput lendir ini dapat menyebabkan pembuluh kecil di dalam paru-paru tersumbat. Nah, hambatan ini yang mengakibatkan udara dari paru-paru lebih sulit untuk keluar saat tidur. Untuk berhenti merokok, ada beberapa trik atau tips yang dapat Anda baca pada Cara Menghilangkan Kecanduan Merokok.
  • Rajin-rajinlah membersihkan lubang hidung.
    Usahakan sebelum tidur agar membersihkan lubang hidung, yang dimaksudkan agar udara tidak tersumbat saat Anda tidur karena yang menyebabkan Anda ngorok saat tidur adalah udara yang tersumbat.
  • Bersihkan tempat tidur sebelum tidur.
    Alergi debu di kamar tidur dapat menyebabkan Anda ngorok saat tidur. Oleh sebab itu, bersihkan tempat tidur setiap sebelum beranjak tidur dan gantilah bantal setiap enam bulan yang bertujuan agar tungau, debu dan alergen lain, serta jaga hewan peliharaan tidak masuk ke dalam kamar tidur.
  • Lakukan rileksasi dan yoga.
    Gal ini bertujuan agar rasa capek yang Anda rasakan dapat menghilang. Langkah-langkah mudah dalam meakukan relaksasi adalah mendengarkan musik yang menenangkan misalnya musik klasik, selain itu dapat juga dengan menambahkan aroma terapi pada kamar tidur.
  • Ubahlah posisi tidur Anda.
    Seperti yang sudah ditulis di atas bahwa tidur dengan posisi terlentang berpotensi besar mengorok saat tidur, nah agar gal tersebut tidak terjadi pada Anda, sebaiknya ubahlah posisi tidur dengan posisi menyamping. Selain menghilangkan tidur ngorok, posisi tidur yang satu ini dapat menyebabkan Anda semakin cerdas. Tidak percaya, silahkan klik Posisi Tidur Yang Menjadikan Anda Pintar.
  • Jangan biarkan Anda dehidrasi.
    Degidrasi menyebakan sekresi pada hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Sebaiknya, konsumsilah 11 gelas air sehari bagi wanita dan 16 gelas air sehari bagi laki-laki.
Jadi, agar tidur Anda tidak ngorok maka langkah mudahnya adalah mendapatkan tidur yang cukup, tidur dengan posisi menyamping.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner