Saturday, September 5, 2015

Kenali Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan

Gula yang berfungsi sebagai pemanis merupakan kebutuhan sehari-hari kita, misalnya untuk membuat kopi atau teh bahkan digunakan juga sebagai campuran makanan, kue, dan minuman. Dari berbagai jenis gula, ada satu jenis gula yang berbeda warna yakni gula merah. Gula ini umumnya terbuat dari aren namun ada juga yang terbuat dari tebu, kelapa, dan lontar. Gula Merah mengandung khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh jika dibandingkan dengan gula pasir. Hal ini disebabkan karena kadar gula yang dimiliki oleh gula merah lebih rendah dibandingkan dengan dengan gula pasir pada umumnya.
Manfaat yang terkandung pada gula merah

Umumnya, kita hanyak mengenal gula ini sebagai pemanis alami makanan dan minuman. Namun, gula merah mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini disebabkan kandungan zat makro dan mikronutrien pada gula merah lebih banyak daripada gula putih. Selain itu, gula merah juga mengandung garam mineral, kaya nutrisi, theamine, riboflavin, nicotinic acid, ascorbid acid, protein. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan mafaat gula merah bagi kesehatan, yuk kita simak di bawah ini:
  • Gula merah dapat dengan ampuh mencegah sariawan.
    Sariawan pada umumnya disebabkan oleh jamur yang bernama Candida Albicans. Banyak faktor yang menyebabkan jamur ini dapat terinfeksi pada mulut, diantaranya sistem imun sedang menurun, kebersihan mulut kurang terjaga, dan penggunaan gigi palsu. Nah, untuk mencegah sariawan, gula merah tidak langsung dimakan atau dilarutkan ke air tapi dicampur dengan kunyit asam kemudian direbus dan air campuran tersebut yang diminum. Hal ini disebabkan karena kunyit asam berfungsi sebagai pencegah peradangan, dan gula merah sendiri berfungsi sebagai pendingin suhu tubuh yang meningkat akibat sariawan.
  • Gula merah bermanfaat sebagai obat jerawat.
    Bagi Anda yang terkena jerawat, ada baiknya jika mencoba menggunakan gula merah sebagai penghilang jerawat, karena gula merah tidak akan menyebabkan peradangan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda harus mengolahnya menjadi masker, caranya cukup sederhana dan sangat mudah yakni larutkan gua merah pada air hangat kemudian biarkan hingga dingin, setelah itu oleskan pada kuit wajah, tunggu hingga masker gula merah mengering selanjutnya cuci bersih wajah dengan menggunakan air.
  • Dapat dengan ampuh membersihkan darah.
    Gula memiliki rasa yang manis, namun tahukah Anda bahwa rasa manis pada gula tersebut akan menyebabkan darah keracunan, dampaknya banyak penyakit yang sedang mengintai. Tetapi berbeda dengan gula merah, rasa manis yang ada pada gula merah justru berperan sebagai pembersihkan racun-racun yang ada pada darah.
  • Gula merah mengandung manfaat sebagai pencegah asma.
    Penyakit asma sangat mengganggu orang yang terkenanya, dimana penyakit tersebut membuat orang menjadi susah bernafas dan banyak aktivitas yang terhalang. Nah, bagi Anda yang terkena penakit ini sebaiknya kurangi mengkonsumsi gula pasir dan dominasikan mengkonsumsi gula merah.
  • Gula merah dapat dengan ampuh mengurasi rasa nyeri pada saat menstruasi.
    Rasa nyeri pada saat menstruasi terkadang dirasakan pada awal masa ini, sebagian wanita mungkin tidak merasakan sakit namun ada juga wanita yang merasa sangat sakit dan bahkan tidak dapat beraktivitas. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit pada saat menstruasi ada baiknya jika Anda (khususnya kaum wanita) mengkonsumsi gula merah yang dicampur dengan kunyit asam. Dengan begitu rasa sakit tersebut akan terkurangi.
Baiklah, cukup sekian artikel mengenai kenali manfaat gula merah bagi kesehatan, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner