Saturday, September 19, 2015

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Walaupun sepatu hak tinggi sangat indah jika digunakan, tetapi ketahuilah bahwa sepatu jenis ini mengandung bahaya. Apa-apa saja bahaya tersebut, mari simak artikel ini
Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi-Menggunakan sepatu hak tinggi atau dalam istilah Inggrisnya High Heels adalah kebutuhan para wanita guna mempercantik dirinya. Dengan menggunakannya, para wanita terlihat lebih tinggi dan pastinya membuat wanita tersebut lebih percaya diri. Umumnya, sepatu hak tinggi digunakan oleh para wanita karir, SPG, dan pelayan mall atau pelayan tempat hiburan malam (diskotik), tetapi tidak menutup kemungkianan wanita biasa juga menggunakannya.
Tahukah Anda, bahwa disamping efek positif, hal ini juga mengandung bahaya yang disebabkan oleh tekanan berlebihan kaki depan dan membuat beban tubuh hanya bertumpu pada bagian tubuh tertentu, khususnya kaki bagian depan. Tetapi, bukan hanya sepatu hak tinggi ya girls, sandal hak tinggi juga berbahaya bagi tubuh Anda. Mau tahu apa-apa saja bahaya tersebut, mari kita simak pada bahaya menggunakan sepatu hak tinggi dibahwa ini:
  • Dapat menyebabkan osteoporosis.
    Osteoporosis yang disebabkan penggunaan sepatu atau sandal berhak tinggi disebabkan karena berat badan dipikul oleh lutut sehingga lutut menerima tekanan yang cukup besar. Dampaknya, terjadi gesekan pada ujung tulang penyusun sendi sehingga terjadinya implamasi dan rasa nyeri.
  • Terkadang membuat pergelangan kaki Anda terkilir.
    Kondisi seperti ini umumnya terjadi pada sepatu atau sandal yang ujungnya berbentuk lancip. Kenapa hanya ujungnya yang berbentuk lancip saja yang rentan terkilir, pasalnya sepatu hak tinggi yang ujungnya berbentuk lancip menumpu berat badan Anda hanya pada dua ujungnya lancipnya, sehingga risiko jatuh-pun sangat tinggi.
  • Salah satu penyebab tumor jinak.
    Pada point ini, yang menyebabkan tumor jinak adalah sepatu dengan ketinggian hak (heels) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan penebalan jaringan saraf pada beberapa jari kaki Anda sehingga hal ini menimbulkan rasa nyeri dan lama-kelamaan akan berdampak pada tumor.
  • Dapat menyebabkan varises pada kaki.
    Varises yang disebabkan oleh sepatu hak tinggi terjadi karena penegangan pada bagian otot tumit belakang dan betis, hal ini berdampak tertekannya pembuluh darah Anda, sehingga terjadilah yang namanya varises.
  • Perubahan postur tubuh Anda.
    Hal ini disebabkan karena keselarasan dari tulang terganggu, dengan demikian tubuh bagian bawah khususnya bagian kaki akan mengalami perubahan secara perlahan-lahan.
  • Dapat menyebabkan salah satu penyakit bernama Bunions.
    Bunion atau disebut juga hallux merupakan sebuah benjolan di sisi sendi tulang ibu jari. Penyakit atau kelainan ini umumnya disebabkan oleh keturunan, tipe dari kaki Anda, disfungsi neuromuskuler, dan sepatu yang biasa Anda gunakan khususnya sepatu hak tinggi.
  • Dapat merusak otot betis Anda.
    Menurut penelitian para ahli, penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering dan cukup tinggi dapat menyebabkan kerusakan dan kemampuan otot kaki, yang mengakibatakn kram pada tendon Achiles di betis.
  • Dapat menyebabkan nyeri pada punggung.
    Seperti yang kita ketahui bahwa kaki merupakan penopang utama seluruh bagian tubuh, bagian utama yang menerima beban paling berat adalah bagian telapak kaki, sehingga dengan berkurangnya komponen penopang tubuh atau beban dari kaki hanya ditumpu oleh telapak kaki bagian depan maka akan menyebabkan terganggunya otot bagian punggung Anda, nah hal inilah yang menyebabkan otot terasa nyeri pada saat menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Menyebabkan kerusakan saraf pada tumit telapak kaki Anda.
    Hal ini dikarenakan ukuran ketinggian dari hak atau heels yang sangat tinggi, sehingga jari-jari kaki Anda tertekan kedalam, sebagai dampaknya, saraf pada bgian tersebut ikut terganggu.
Namun, penggunaan sepatu hak tinggi tidak berbahaya jika pemilihan dari sepatu tersebut benar dan tidak dipakai dalam skala waktu yang panjang (tidak terlalu sering). Oleh sebab itu, gunakan sepatu hak tinggi pada saat benar-benar membutuhkannya, misalnya saat menghadiri pesta pernikahan. Disamping itu, pilihlah sepatu hak tinggi dengan ketinggian heels-nya tidak terlalu tinggi, pilihlah bentuk heels yang cukup besar.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner