Wednesday, September 2, 2015

Tips Mengecilkan Perut Secara Alami

Perut membesar a.k.a buncit dipandang cukup jelek oleh sebagian orang dan juga oleh kita sendiri. Banyak orang yang tidak ingin memliki perut seperti ini, namun dikarenakan kebiasaan sehari-hari maka hal tersebut terjadi pada orang yang bersangkutan. Untuk mengecilkannya, banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari cara yang alami, sedot lemak, mengkonsumsi obat atau tanaman herbal yang ampuh membakar lemak di perut, fitness, dan masih banyak lagi.
Perut bisa membesar atau membuncit disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
  • Alkohol.
    Minuman seperti ini akan menyebabkan penumpukkan lemak khususnya di perut, hal ini disebabkan minuman beralkohol memiliki kadar gula dan kalori yang cukup tinggi.
  • Stres.
    Pada saat kita sedang stres, hal ini akan memicu hormon yang bernama kortisol. Hormon ini akan memberikan efek rasa lapar yang sangat kuat. Selain itu, stres juga mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang menyebabkan perut menjadi besar atau buncit.
  • Ngemil pada malam hari.
    Pada saat malam hari, aktivitas yang kita lakukan sangatlah sedikit hal inilah yang mneyebabkan penumpukkan lemak pada perut.
  • Pemanis buatan.
    Pemanis buatan dapat menyebabkan kita menjadi buncit dikarenakan terganggunya fungsi usus sehingga usus tidak dapat mencerna makanan yang disebabkan berpregmentasinya makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Kurang berolahraga.
    Berolahraga sangat penting, selain menyehatkan badan, juga dapat membakar kelebihan lemak pada tubuh kita.
  • Makan sebelum tidur.
    Sama seperti ngemil pada malam hari, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya aktivitas menjelang tidur. Jadi jangan heran jika makan sebelum tidur dapat menyebabkan perut menjadi membesar.
Tahukah anda bahwa di perut kita mendung dua jenis lemak, yakni subcutaneos yang merupakan lemak yang terdapat pada kulit bagian bawah atau berada di atas jaringan otot, lemak yang berjenis seperti ini lebih lunak. Dan jenis lemak yang satunya adalah visceral yang merupakan lemak yang terdapat di bagian otot dan organ, dimana lemak yang berjenis seperti ini terasa lebih keras. Perlu diketahui bahwa lemak yang berjenis visceral lebih mudah untuk dihilangkan. Nah, untuk mengetahui jenis lemak yang terdapat pada perut kita, dapat dilakukan dengan cara menekan perut menggunakan jari. Setelah kita membaca tentang penyebab perut buncit dan jenis lemak pada perut, berikut tips mengecilkan perut secara alami:
  1. Mengubah pola makan.
    Seperti yang kita ketahui bahwa apabila makan sebelum tidur dapat menyebabkan perut menjadi membesar, oleh sebab itu sebaiknya hindari pola makan seperti itu. Selain itu, untuk membantu program diet guna mengecilkan perut, sebaiknya kurangi makan yang mengandung karbohidrat terlalu tinggi, cukupi kebutuhan protein tubuh anda, cukupi untuk mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran hijau. Nah, untuk mengatur pola makan anda sebaiknya makan dengan porsi sedikit namun frekuensi atau jumlah makan yang banyak.
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat.
    Makanan berserat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, diantaranya kesehatan usus, memperlancar sistem pencernaan, dan menurunkan berat badan. dengan demikian maka lemak berlebihan pada perut. Banyak makanan yang mengadung serat paling tinggi diantaranya alpukat yang mengandung 10mg setiap 1 buahnya, brokoli yang mengandung 5,1gram per-cangkirnya, dan kacang hitam atau kacang merah yang mengadung 15gram per-cankirnya.
  3. Meminum air putih sebanyak 1,5 liter setiap paginya.
    Tips yang satu ini, sama halnya dengan terapi air dimana pada saat baru bangun tidur kita langsung mengkonsumsi 5-6 gelas atau setara dengan 1,5 liter air putih. Untuk kita yang ingin mencoba terapi ini, sebaiknya minum 4 gelas dan sisanya seteah beberapa menit kemudian.
  4. Jogging atau lari pagi.
    Jogging atau lari pada pagi hari sangat membantu anda dalam program diet dan dalam proses penurunan berat badan. Hal ini disebabkan karena pada saat pagi kita belum makan atau sarapan, nah sarapan tersebut pastinya mengandung karbohidrat, dan karbohidrat menghasilkan lemak pada tubuh khususnya perut. Dengan lari atau jogging dipagi hari maka lemak yang ada pada perut akan terbakar secara sempurna. Setelah jogging tersebut kita pastinya merasa lapar, agar lebih cepat dalam proses pengecilan perut sebaiknya konsumsi kacang hijau atau kacang merah.
  5. Latihan yoga.
    Yoga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan tubuh, diantaranya media relaksasi, mengurangi stres, meningkatkan sistem imun, mencaga kebugaran, selalu tampil awet muda, mengendalikan emosi, menurunkan berat badan, membakar lemak, mengecilkan perut. Nah, untuk mengecilkan perut ada gerakan khusus yang dilakukan, yakni:
    - Marjariasana
    Untuk gerakannya dapat anda lihat pada video di bawah ini.
    - Bhujangasana
    - Navasana
    - Dhanurasana
    - Uddiyana bandha
Mengenai sumber:
  • Caramengecilkanperutbuncit.info, 7 penyebab perut buncit yang wajib di ketahui, http://www.caramengecilkanperutbuncit.info/penyebab.
  • Dunia Fitnes, 4 penyebab perut buncit yang tidak pernah anda duga, http://duniafitnes.com/health/4-penyebab-perut-buncit-yang-tidak-pernah-anda-duga.html.
  • Sehatsatu.com, cara mengecilkan perut buncit secara lami dan jitu, http://sehatsatu.com/cara-mengecilkan-perut-buncit-secara-alami/.
  • SolusiFiforlit.net, stres dan alkohol, pemicu perut buncit pada pria dan wanita, http://www.solusififorlif.net/stress-alkohol-pemicu-perut-buncit-pria-wanita/.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner