Tuesday, May 3, 2016

Ternyata Musik Dapat Menyembuhkan Insomnia

Insomnia merupakan gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur, terkadang penderita mengalami gelisah apabila ingin mencoba tidur lebih awal. Penderita Insomnia terkadang tidur pada jam 12 malam ke atas atau bahkan ada yang tidur dipagi hari.

Insomnia umumnya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya pusing memikirkan sesuatu, kelainan fisik, pengaruh dari obat-obatan tertentu, tidur bukan pada waktunya (misalnya karena pengaruh jet lag). Dalam menyembuhkan insomnia, banyak sekali terapi ataupun obat-obat yang dapat menyembuhkannya, namun hal tersebut justru kurang efektif sebab disamping mengeluarkan uang, hal tersebut justru membutuhkan waktu. Nah, untuk menyembuhkan insomnia tanpa modal dan relatif singkat Anda hanya membutuhkan musik.

Musik dapat menyembuhkan insomnia disebabkan tubuh menjadi rileks saat mendengarkan musik yang santai dan berirama tenang, sehingga Anda merasa mengantuk. Namun bukan sembarangan musik ya yang dapat menghilangkan insomnia, melainkan musik kelasik atau musik yoga juga dapat digunakan yang disebabkan kedua jenis musik ini dapat menenangkan fikiran dari berbagai masalah yang sedang kita fikirkan.

Selain alasan tersebut, ada penelitian yang menyebutkan bahwa musik jenis klasik dapat membuat kita menjadi tertidur. Penelitian tersebut dilakukan oleh Psikolog Laszlo Harmat yang mana pada penelitiannya tersebut ia mengumpulkan 94 siswa dengan masalah tidur untuk membuktikannya. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberi musik klasik untuk didengarkan pada waktu tidur. Kelompok yang kedua diberi sebuah buku audio, dan kelompok yang ketiga tidak diberi apa-apa.

Setelah tiga minggu, 30 dari 35 siswa dari kelompok pendengar musik klasik terbukti bisa tidur lebih nyenyak. Buku audio juga membantu, tetapi hanya pada sembilan dari 30 siswa yang menjadi anggota kelompok itu. Para siswa juga dinilai tingkat depresinya sebelum dan sesudah tes. Gejala depresi dari kelompok yang mendengarkan musik, menurun drastis. Namun, itu tidak dirasakan oleh kelompok pendengar buku audio. Bukan hanya kepada siswa, penelitian yang sama juga sudah membuktikan bahwa musik pun membantu usia lanjut mudah tidur.

Jadi, jelas terbukti bahwa musik dapat menyembuhkan insomnia bukan, jadi jangan kawatir jika Anda mengidap insomnia.
Ingin lulus Psikotes atau UAN SMA/SMK? Yuk, klik link di bawah
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner