Sunday, August 23, 2015

Cara Membuat Blog Via Google

Membuat blog via google itu sangat gampang kok sobat, paling cuma 3 menit atau 5 menit sudah selesai. Tapi, yang sangat sulit adalah melakukan optimasi dari blog tersebut. Sedikit saran bagi newbie seperti penulis, sebaiknya abaikan optimasi blog atau sering disebut SEO karena banyak guru SEO yang menjebak pada akhirnya blog kita kena hukum sama google alias sandbox. Pada intinya, untuk membuat blog melalui google teman-teman punya akun gmail. Nah, bagi yang belum punya akun gmail daftar dulu ya di http://gmail.com. Setelah pembuatan akun gmail selesai, simak cara membuat blog via google di bawah ini:
  1. Masuk ke blogger.com atau ketikkan http://blogger.com di addres bar browser sobat.
  2. Ubah bahasa tampilan blog menjadi bahasa indonesia, caranya klik bahasa (disamping roda gigi), pilih bahasa indonesia.
    Cara mengubah bahasa pada tampilan blogger
  3. Klik blog baru.
    membuat blog dengan mudah hanya membutuhkan waktu 5 menit, mau tau caranya yuk kita klik foto atau link ini
  4. Setelah itu akan muncul kotak dengan isi sebagai berikut: Judul, alamat, template.
    Pada kolom judul, isi dengan judul yang sobat sukai. Pada point ini, sebaiknya fikirkan judul yang tepat dengan tema yang akan teman-teman bahas, jangan seperti penulis yang telah salah memberikan nama blog ini. Misalnya, sahabat membahas mengenai tips kecantikan, sebaiknya buat judul blog "Tips Cantik Dari Yosi Halika". Hati-hati dalam membuat judul blog, karena jika mengganti judul blog akan menurunkan posisi blog di google.
    Pada kolom alamat, isi alama tersebut sesuai dengan judul. Alamat blog atau sering disebut domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer kita. Untuk mengisi alamat blog, jangan gunakan spasi, kemudian tunggu beberapa saat hingga google memriksa alamat tersebut, jika google mengindikasikan bahwa alamat tersebu telah digunakan orang lain, maka tambahkan kata "dari nama pembuat blog", begitu juga dengan judul harus diganti sesuai dengan alamat blog. Contoh, penulis ingiin membuat blog bertema kecantikan, maka alamat dari blog tersebut tipscantikdariyosihalika.blogspot.com.
    Pada piihan template, pilih sembarang saja. Kok sembarangan saja, alasannya karena template bawaan blogger mempunyai loading yang sangat berat, jadi hal ini akan menyebabkan pengunjung blog tidak bosan menunggu blog kita terbuka di browser mereka. Oleh karena itu, siapkan template ringan dan responsive. Untuk mendapatkannya, sobat ketik di google "download template blog responsive" nanti sobat dihadapkan dengan banyak variasi, pilih salah satu kemudian download templatenya.
    Dan, langkah terakhir untuk menyelesaikan form ini klik buat blog.
    postingan ini menjelaskan bagai cara membuat blog secara lengkap, oleh karena itu klik gambar ini atau klik link ini
  5. Selamat, blog anda sudah jadi.
Untuk mepercantik tampilan blog kita, maka ikuti langkah dibawah ini:
  • Klik tata letak.
  • Isi tata letak tersebut dengan widget yang yang diperlukan. Jangan terlalu banyak ya, ntar blog sobat laodingnya jadi berat. Kalau menurut penulis, widget yang cocok untuk blog diantaranya arsip blog, entri populer, jumlah pengunjung, pacebook fanspage, dan jumlah pengunjung. Cara memasangnya sangat sederhana kok, yakni:
    Untuk memasang arsip blog, teman-teman klik tambahkan gadget, nanti akan muncul kotak gadetnya terus pilih arsip blog, gadget tersebut (arsip blog), kemudian simpan. Begitu juga cara memasang entri populer.
    Untuk memasang jumlah pengunjung, dapat anda kunjungi cara daftar histats terbaru 2015.
    cara memasang gadget di blog
    Cara menambahkan widget arsip blog
Setelah blog selesai dibuat dan tampilan menjadi cantik, belum bisa langsung diisi dengan artikel sobat, teman-teman daftar dulu blog tersebut ke google search console, ke google itu sendiri, dan mensetting beberapa bagian di blog, caranya tunggu besok ya. Baiklah, cukup sekian dulu postingan mengenai cara membuat blog via google, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner