Sunday, October 4, 2015

Tips Menambah Nafsu Makan

Tips menambah nafsu makan
Gambar dilansir dari: http://pondokibu.com/
Tubuh memerlukan energi untuk fungsi-fungsi organ tubuh, pergerakan tubuh, mempertahankan suhu, fungsi enzim, pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak, maka dari itu asupan gizi harus terpenuhi setiap harinya. Tetapi asupan gizi setiap orang berbeda, tergantung dari jenis kelamin, aktifitas orang tersebut, dan faktor penyakit. Ketahuilah, hilangnya nafsu makan, dapat menyebabkan berbagai masalah, diatarnya tulang melemah, suhu tubuh menurun, kulit mengering, rambut rontok, kerusakan pada gigi, kulit mengering, masalah bau mulut. Untuk menambah nafsu makan, salah satunya adalah dengan berolahraga, hal ini disebabkan karena dengan berolahraga bisa meningkatkkan detak jatung dan bisa membakar kalori sehingga nafsu makan untuk meningkat, namun hanya itukah cara meningkatkan nafsu makan, pastinya tidak. Maka dari itu, mari kita simak tips menambah nafsu makan di bawah ini:
  • Dengan menggunakan multivitamin.
    Konsumsilah multivitamin untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama nafsu makan sedang menurun. Asupan vitamin B juga dapat untuk merangsang nafsu makan. Begitu pula dengan asupan zinc dan copper atau tembaga yang dapat membantu mempertajam indera perasa anda. Sebaiknya gunakan multivitamin setelah berkonsultasi atau mendapat izin dari dokter.
  • Hindari mengkonsumsi cairan sebelum hendak makan.
    Menghindari mengkonsumsi cairan sebeum makan sangat efektif guna meningkatkan nafsu makan, pasalnya air yang dikonsumsi oleh kita dapat memenuhi perut dan akhirnya perut terasa kenyang. Jika demikian, akibat selanjutnya tentu saja nafsu makan akan berkurang. Sebainya hindari minum air putih, susu, sirup, dan sebagainya sebelum makan.
  • Dengan mengkonsumsi jeruk.
    Seperti yang kita ketahui bahwa buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang lumayan tinggi. Vitamin C ini berkhasiat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lebih hebatnya lagi berkhasiat juga guna meningkatkan nafsu makan. Maka dari itu, konsumsilah vitamin C yang ada pada buah jeruk. Selain itu asupan vitamin C yang cukup juga bisa membantu metabolisme di dalam tubuh semakin lancar.
  • Tertawa.
    Selain untuk mengobati stres fikiran, ternyata tertawa sangat baik guna menambah nafsu makan. Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh Dr. Lee S. Berk dan Dr. Jerry Petrofsky dari Loma Linda University, yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara tertawa dengan nafsu makan seseorang. Penelitian ini membuka kemungkinan untuk menemukan solusi pengatasan masalah nafsu makan, terutama bagi mereka yang tidak bisa rutin berolahraga.
  • Dengan menggunakan jamu.
    Seperti yang kita ketahui bahwa jamu banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, slaah satunya adalah dapat digunakan sebagi penambah nafsu makan. Banyak sekali merk jamu yang dapat merangsang nafsu makan Anda, tergantung dari Anda berminat atau tidak dengan rasa jamu yang khas yakni pahit.
  • Rasa makanan yang selalu enak.
    Umumnya oran-orang menjadi malas makan dikarenakan rasa makanan yang kurang enak atau yang itu-itu saja, sebaiknya ubahlah rasa dari makanan tersebut dan ubahlah jenis makanan yang Anda makan setiap harinya. Sebagai contoh, pada saat kita sakit pastinya orang terdekat akan memasak makanan yang enak-enak dan tiap harinya menu makanan tersebut berubah-ubah. Selain itu, menubah rasa dan menu makanan juga merangsang sugesti kita agar merasakan lapar.
Mungkin cukup sekian artikel mengenai tips menambah nafsu makan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner