Thursday, October 8, 2015

Seorang Pemarah Identik Dengan Umur Pendek

marah identik dengan berumur pendek
Marah atau emosi merupakan perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu, atau dapt juga dikatakn reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Hati-hati dengan sifat ini, karena seseorang dengan karakter pemarah maka usia yang ia meiliki tidaklah sepanjang orang yang penyabar. Hal ini disebabkan karena banyak penyakit mematikan yang disebabkan oleh emosi, diantaranya stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Disampin itu, hubungan emosi dan kematian dini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Social Science and Medicine, dimana dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa sifat pemarah dapat mempersingkat umur seseorang.

Penelitian tersebut melibatkan 1.307 responden dimana mereka adalah laki-laki kepala rumah tangga dan meneliti tentang ini mulai dari tahun 1968 hingga tahun 2007. Para responden ini diberi pertanyaan setiap tahunnya mulai dari tahun 1968 hingga tahun 1972. Beberapa pertanyaan yang diajukan mencakup tingkat kemarahan mereka, misalnya "apakah mereka marah dengan cukup mudah, apakah mereka marah membutuhkan usaha, dan apakah mereka marah membutuhkan waktu yang cukup panjang". Para responden itu berusia antara 20 dan 40 ketika pertama kali ditanya, dan pada tahun 1982 rata-rata sudah berusia sekitar 34 tahun. Mereka yang tingkat amarahnya berada di deretan teratas memiliki 1,57 kali lipat peningkatan risiko kematian dibandingkan dengan mereka yang tingkat amarahnya berada di urutan terbawah, ungkap para peneliti tersebut.

Tahukah Anda bahwa orang cepat marah disebabkan oleh selalu memikirkan tentang ketidakadilan. Hal ini dapat dipicu oleh pengalaman negatif di masa lalu dan diperkuat oleh ekspresi kemarahan berlebihan dalam rentang waktu yang cukup lama, menurut Graham Price, psikolog yang berbasis di London. Nah, cara untuk menahan emosi adalah selalu berfikir positif tentang tindakan yang dilakukan orang lain atau dapat juga Anda baca pada cara mengendalikan emosi (silahkan diklik tulisan berwarna biru tersebut). Ketahuilah, jika amarah masih sulit ditahan maka dapat berakibat lebih jauh pada kesehatan karena kemarahan adalah bentuk stres, dan stres terbukti dapat meningkatkan kadar kortisol dalam aliran darah.

Maka dari itu, kendalikan emosi Anda agar segala penyakit mematikan dapat terhindarkan dari Anda yang menyebabkan umur semakin panjang. Selain itu, dengan sifa penyabar maka lingkungan sosial akan semakin akrab dengan kita.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner