Monday, September 8, 2014

Cara Mengendalikan Emosi

Cara mengendalikan emosi yang baik dan benar adalah dengan mendekatkan diri sama yang Maha Kuasa, namun ada cara lain yang lebih ampuh dalam mengendalakian emosi. Seperti yang kita ketahui, apabila dapat mengendalikan emosi maka hal ini sangat baik untuk kita dan lingkungan sosial, dengan mengendalikan emosi orang-orang disekitar akan berteman baik dengan kita, selain itu emosi yang berlebihan akan menjadikan penyakit tertentu yang dapat berakibat fatal bagi kita. Pada umumnya, penyebab dari emosi memang bermacam-macam diantaranya kepribadian, stress, melakukan kegiatan sosial, pola tidur, olah raga, kurang tidur, kondisi medis, interaksi obat, dan masalah kondisi tubuh. Masalah emosi pada wanita, dapat dibaca pada Penyebab Wanita Gampang Marah.
gambar lucu orang marah

Untuk mengendalikan emosi, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:
  • Rajin-rajinlah berdoa.
    Berdoa merupakan suatu mediasi kecil yang menghubungkan antara anda dan Yang Maha Kuasa. Fungsi dari berdoa ini ialah membuat perasaan anda menjadi tenang dan mengetahui hal yang buruk dan baik.
  • Ubahlah pola pikir anda.
    Cara mengendalikan emosi yang satu ini dapat berhasil apabila anda selalu menerapkan point nomor satu diatas. Seperti yang anda ketahui, orang yang selalu terpancing emosinya ialah orang yang selalu berfikir negatif. Sebaiknya anda belajar untuk berfikir positif tentang perlakuan orang yang kurang menyenangkan hati anda.
  • Biarlah berlalu.
    Manusia memiliki 24 jam, 8 jam untuk istirahat, 8 jam untuk bekerja, 4 jam untuk belajar, 2 refreshing dan 2 jam lagi untuk beribadah. Jadi berdasarkan uraian waktu tersebut apak anda perlu mengurusi emosi yang tidak jelas tersebut. Dengan begitu emosi anda akan berubah menjadi kesenangan.
  • Kendalikan reaksi anda terhadap sesuatu yang kurang menyenangkan.
    Hal ini berhubungan dengan point nomor 2 yaitu cara mengendalikan emosi dengan mengubah pola fikir, sebaiknya fikirkan hal yang positif dari pada anda harus marah-marah, karena marah membuang banyak waktu dan energi anda sendiri.
  • Jauhkan diri dari situasi-situasi yang membuat emosi.
    Misalnya, apabila kita kurang senang dengan daerah yang terlalu ribut, maka langkah yang dilakukan yakni jauhkan lingkungan yang demikian agar emosi tidak terpancing dengan masalah yang sederhana seperti demikian.
  • Introspeksi diri sendiri.
    Introspeksi diri merupakan proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disadari, keinginan, dan sensasi. Dengan cara ini, emosi yang ada pada diri kita dapat terkendalai, jadi apabila ada sesuatu hal yang membuat kita marah, langkah terbaik adalah memikirkan apakah kita pernah malakukan hal demikian terhadap orang lain.
  • Fikirkan hal yang lebih penting.
    Daripada marah-marah sebaiknya lakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan lebih berguna.
  • Membaca.
    Dengan membaca dapat membuat fikiran tenang sehingga dapat dengan mudah mengendalikan emosi, selain itu kegiatan ini dapat membuat bertambah ilmu dan menjadi lebih pintar. Pilihlah buku-buku yang sesuai dengan hobi anda. Jadi, dalam point ini terdapat dua fungsi, selain cara mengendalikan emosi juga cara menjadi pintar.
  • Jika hal di atas tidak berhasil, lakukan langkah di bawah ini:
  • Cara mengatasi emosi yang unik
    Tips melatih kesabaran
Mungkin hanya cukup sekian saja dari penulis tentang Cara Mengendalikan Emosi, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner