Tuesday, December 15, 2015

Takaran Minum Air Putih Perhari

Takaran Minum Air Putih Perhari-Minum air putih sangat penting bagi kita sebab 60 persen tubuh manusia menagndung air. Apa yang terjadi apabila tubuh kekurangan air, pastinya akan banyak masalah yang timbul terhadap kesehatan maupun kecantikan tubuh kita. Kekurang cairan tubuh dikenal juga dengan istilah dehidrasi, dampak dehidrasi terhadap kecantikan dan kesehatan diantaranya mual, sakit kepala, kegagalan ginjal, kram otot, diare, kulit menjadi kurang elastis, mulut kering, demam, penampilan menjadi menua, bibir pecah-pecah, munculnya kerutan dan garis pada kulit. Nah, bagaimana caranya mengetahui kita sedang terkena dehidrasi atau tidak, perhatikan gambar di bawah ini.
Untuk mengetahui kita terkena dehidrasi atau tidak yaitu dengan memeriksa warna urin kita
Sumber gambar: PASIEN SEHAT
Tetapi apakah hanya dehidrasi saja yang bahaya bagi kita, ternyata kelebihan cairan tubuh atau disebut juga overdehidrasi juga sangat berbahaya bagi kesehtan kita. Adapun dampak kelebihan cairan tubuh atau overdehidrasi diantaranya mningkatnya volume darah, menganggu fungsi ginjal, pembengkakkan sel-sel darah, menguras kandungan kalium dalam tubuh, gangguan hiponatremia, menghilangnya kesadaran, kejang-kejang, koma.
Untuk terhindar dari masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Tapi berapakah takaran minum air putih dalam sehari. Mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa mengkonsumsi air putih dalam sehari adalah 8 gelas atau setara dnegan dua liter perharinya. Namun, apakah hal tersebut benar. Dari berbagai sumber yang sudah penulis baca, ternyata untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh tidak sebanyak dua liter dalam sehari. Kebutuhan cairan dalam tubuh seseorang berbeda-beda, misalnya seorang kuli bangunan dan pekerja kantor. Seorang kuli bangunan lebih banyak membutuhkan air dibandingkan dengan seorang pekerja kantor, sebab kuli bangunan lebih banyak mengeluarkan keringat. Seperti yang kita ketahui bahwa keringat merupakan cairan tubuh yang terbuang melalui pori-pori kulit. Nah, keringat inilah yang menjadi patokan kebutuhan cairan setiap harinya. Dari opini ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kebutuhan cairan dalam tubuh dipengaruhi oleh aktivitas yang sedang kita kerjakan setiap harinya. Jadi, bagaimana cara mengetahui kebutuhan cairan dalam tubuh seseorang, caranya sangat mudah yakni timbang dan catat berat badan sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas timbang dan catat kembali berat badan Anda. Setalah Anda memiliki data berat badan, hitungalah selisih berat badan Anda (selisih berat badan = berat badan sebelum beraktivitas - berat badan setelah beraktivitas), setelah menemukan hasilnya konversikan hitungan Anda kedalam liter dengan menggunakan rumus ini berat kali luas tubuh dibagi 1000. Namun hal tersebut sangat sulit dilakukan karena Anda perlu mencatat dan menimbang setiap kali hendak melakukan aktivitas, namun cara yang paling mudah untuk mengetahui takaran minum air putih perhari adalah minum ketika merasa haus. Baiklah, mungkin cukup sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner