Sunday, December 20, 2015

Enam Cara Menghilangkan Kantuk

Simak enam cara menghilangkan kantuk berikut.
Enam cara menghilangkan kantuk-Terkadang seseorang menghindari rasa kantuk pada saat pagi hingga ke sore harinya, sebab pada jam segitu seseorang lebih cendrung untuk melakukan aktivitas, misalnya bekerja di kantor atau di pabrik, belajar di sekolah atau di kampus, dan melakukan pekerjaan rumah. Pastinya rasa kantuk akan menganggu aktivtas tersebut, bahkan rasa kantuk yang berlebihan dapat membuat reputasi menjadi buruk, sebagai contoh tidur di tempat bekerja atau atau di tempat belajar. Hal tersebut pastinya akan membuat atasan atau guru menjadi marah terhadap kita dan akhirnya menurunkan jabatan kita atau memberikan nilai yang buruk kepada kita. Sebenarnya kantuk itu apa sih, kantuk atau ngantuk adalah aktivitas tubuh yang merespon keadaan tubuh karena kelelahan atau kurang tidur dengan cara menguap, mata sayup dan berair dan hal ini merupakan isyarat bahwa tubuh butuh istirahat/tidur.

Untuk menghilangkan kantuk, kopi merupakan solusi utamanya, hal ini disebabkan oleh zat yang bernama kafein yang terdapat dalam kopi merupakan senyawa yang secara ampuh dalam mengusir rasa kantuk sementara, dimana wujud kafein yang berupa senyawa alkaloid xantina dalam bentuk kristal dan berasa pahit. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi teh atau kopi juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh kita, oleh karena itu, hindari mengkonsumsi kopi atau teh lebih dari tiga gelas sehari. Jika kita tidak boleh minum kopi lebih dari tiga gelas sehari, bagaimana cara menghilangkan kantuk jika rasa kantuk tersebut melebihi batas minum kopi. Sebenarnya ada saja cara untuk menghilangkan kantuk tanpa mengkonsumsi obat penghilang kantuk atau kopi, mau tahu caranya. Mari kita simak enam cara menghilangkan kantuk di bawah ini:
  • Berkomunikasilah dengan orang disekitar Anda.
    Jika rasa kantuk datang pada saat Anda melakukan pekerjaan, maka langkah termudah yang dilakukan yakni dengan berbicara dengan orang disekitar. Berkomunikasi dengan orang disekitar dapat menghilangkan kantuk yang disebabkan oleh respon otak mengenai rasa kantuk tersebut akan dialihkan oleh hal baru tersebut. Sebagi contoh, ketika Anda sedang berbicara dengan tekan kerja atau teman sebangku, pastinya Anda akan merasa seru. Rasa seru tersebut akan menyebabkan Anda lupa melakukan kegiatan lain.
  • Mencuci muka dengan air dingin.
    Pada saat rasa kantuk datang, langkah lainnya yang dapat Anda ambil ialah mencuci muka dengan air dingin. Kenapa mencuci muka dengan air dinign dapat menghilangkan rasa kantuk, hal ini disebabkan oleh rasa dingin tersebut pastinya membuat Anda merasa lebih segar, nah rasa segar ini akan direspon oleh otak sehingga rasa kantuk tersebut akan dialihkan ke rasa segar yang ditimbulkan oleh air dingin.
  • Semangati diri sendiri.
    Pastinya Anda sering mendengar motto seperti ini, motto ini umumnya diberikan kepada orang yang sedang malas melakukan aktivitasnya. Namun, motto ini sangat ampuh dalam melawan katuk yang berlebihan, sebab Anda akan termotivasi dengan pekerjaan dan pastiya melupakan rasa kantuk tersebut. Sebagai contoh, jika Anda sedang dihadapkan dengan pekerjaan yang harus dikerjakan dalam dua jam maka Anda butuh motto ini untuk melawan rasa kantuk dan malas dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.
  • Menyibukkan diri sendiri.
    Hal ini sangat ampuh dalam mengatasi rasa kantuk yang berlebihan, sebab kegiatan yang dapat menyebabkan Anda menjadi sibuk akan memotiviasi Anda untuk menyelesaikannya sehingga motivasi ini akan menyebabkan Anda lupa melakukan aktivitas lain. Misalnya, ketika Anda diberi pekerjaan atau tugas yang cukup banyak dan harus diselesaikan keesokkan harinya maka Anda akan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  • Memainkan game yang Anda sukai.
    Bermain game merupakan suatu tindakan yang menyebabkan Anda merasa seru, rasa seru inilah yang dapat mengalihkan rasa kantuk. Sebagai contoh seorang gamer atau pemain game akan begadang jika game yang sedang mereka mainkan terasa seru. Tetapi, hindari bermain game terlalu lama, sebab game dapat menyebabkan kecanduan.
  • Fokus.
    Fokus sangat dibutuhkan bagi seorang pekerja atau pelajar, sebab fokus merupakan salah satu kunci kesuksesan. Namun, fokus juga merupakan obat untuk menghilangkan kantuk yang disebabkan fokus akan menjadikan sesuatu terasa seru. Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa rasa seru inilah yang mengalihkan rasa kantuk tersebut. Sebagai contoh ketika Anda sedang membaca buku, jika tidak fokus maka Anda akan merasa bosan dengan buku tersebut, namun jika Anda fokus maka Anda akan mengkaji lebih dalam lagi mengenai buku tersebut.
Sebenarnya rasa kantuk akan datang jika Anda sering begadang, sebab menurut teori jam tidur (body clack), tubuh akan menampung kekurang jam tidur dan pada saat kekurangan jam tidur tersebut melebihi batas yang mampu ditahan oleh tubuh Anda maka rasa kantuk yang sangat hebat akan dirasakan. Baiklah cukup sekian artikel mengenai enam cara menghilangkan kantuk, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner