Tuesday, December 29, 2015

Awas Televisi Membuat Anda Menjadi Bodoh

Televisi yang dikenal sebagai media telekomunikasi yang menampilkan gambar bergerak atau video serta suara ternyata dapat membuat kita menjadi bodoh, terutama jika televisi ditonton berjam-jam atau dalam waktu yang cukup panjang. Hal ini bersesuaian dengan penelitian yang diterbitkan pada jurnal JAMA Psychiatry Journal. Namun apakah itu hanya kesimpulan dari penelitian atau memang fakta. Oleh karena itu mari kita sima beberapa fakta yang menguatkan bahwa televisi dapat membuat kita menjadi bodoh di bawah ini.

  1. Menonton televisi dapat menyebabkan kita menjadi malas.
    Tidak diragukan lagi bahwa televisi menyebabkan seseorang menjadi malas, sebagai contoh ketika Anda menonton acara kesukaan Anda dan pada saat yang sama Anda disuruh membeli sesuatu oleh orang terdekat, pastinya Anda akan menolak suruhan tersebut atau Anda menjawab "nanti dulu". Nah, menolak atau menunda waktu tersebutlah yang merupakan malas dalam melakukan sesuatu. Seperti yang kita ketahui bahwa malas sangat identik dengan kebodohan sebab dengan malas kegitan belajar atau mencari tahu akan tertunda.
  2. Menonton televisi dalam waktu yang cukup panjang menyebabkan kita menjauh dari lingkungan sosial.
    Lingkungan sosial sangat dibutuhkan oleh manusia dalam artian kita saling membutuhkan satu sama lain. Sebagai contoh, ketika kita kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, pastinya kita akan mencari teman yang bisa mengerjakannya. Namun apa jadinya jika seseorang tidak dikenal atau dia menjauh dari lingkungan sosialnya atau teman-temanya, pastinya orang tersebut akan kesulitan mendapatkan pertolongan dari orang sekitar. Selain itu, lingkungan sosial juga sangat dibutuhkan untuk kita berdebadat, dengan berdebat kemampuan otak kita semakin bertambah, dalam artian bertambah pintar. Berkaitan dengan ini, orang tersebut akan kesulitan berkembang.
  3. Waktu terbuang hanya untuk bersantai.
    Menonton televisi dapat juga dikatakan kita sedang bersantai. Umumnya, seseorang bersantai tidak membutuhkan waktu yang cukup panjang, sebab mereka menyadari bahwa masih banyak pekerjaan lain yang menunggunya. Sebagai contoh, ketika kita sedang mengejakan skripsi, agar skripsi yang kita kerjakan cepat disahkan oleh dosen pembimbing pastinya kita lebih banyak menghabiskan membaca refrensi-refrensi terkait dibangingkan dengan santai. Berkaitan dengan ini, seseorang yang hanya menghabiskan waktunya di depan televisi akan terhalangi dalam hal mengejerjakan sesuatu sehingga ia menjadi kurang mahir dalam bidang tertentu.
  4. Menganggu waktu belajar.
    Sangat jelas sekali televisi menganggu waktu belajar. Misalnya kita dijadwalkan belajar jam 19.00 hingga jam 21.00 dan pada saat yang sama acara kesayangan kita tayang, pastinya kita lebih memilih acara tersebut dibangingkan belajar.
Nah, itu tadi fakta-fakta yang menguatkan bahwa televisi membuat kita menjadi bodoh. Namun apakah menonton televisi tidak dianjurkan buat kita. Sebenarnya televisi boleh saja kita tonton, namun kita tidak melebihi waktu ideal dalam menontonya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tina Hoang dan Kristine Yaffe, waktu ideal dalam menonton televisi adalah tiga jam sehari.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner