Wednesday, December 2, 2015

Fakta Unik Mengenai Rambut Pada Seluruh Tubuh Manusia

Fakta unik mengenai bulu pada tubuh
Rambut umumnya dikenal hanya pada bagian kepala saja. Sebenarnya, rambut tumbuh pada seluruh bagian tubuh manusia yang mengandung kulit, misalnya pada bagian tubuh, tangan, kaki, dan bagian lainnya. Namun, rambut pada bagian tubuh selain kepala paling dikenal istilah bulu. Rambut pada bagian tubuh manusia memiliki berbagai fungsi bagi kita, diantaranya melindungi kulit kepala dari sinar matahari, menahan keringat dan air hujan dari mata, menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan, sebagai sensor khususnya pada bagian kaki, dan memberikan kehangatan. Berkaitan dengan ini, rambut yang tumbuh pada tubuh kita memiliki beberapa keunikan, diantaranya:
  • Rambut pada tubuh memiliki otot.
    Percaya atau tdak percaya bahwa rambut yang tumbuh pada seluruh bagain tubuh memiliki sel otot. Sel otot ini berfungsi sebagai penopang atau penahan rambut mulai dari pangkal hingga ke ujung rambut.
  • Jumlah rambut pada tubuh menentukan kecerdasan seseorang.
    Hal ini bersesuaian dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Aikarakudy Alias, dimana penelitian tersebut melibatkan mahasiswa kedokteran di Amerika. menunjukkan bahwa 45% mahasiswa yang mengabil jurusan tersebut memiliki rambut tubuh yang begittu lebat.
  • Manusia memiliki tiga jenis rambut yang berbeda.
    Tiga jenis rambut yang ada pada tubuh manusia tersebut adalah termnal hair, vellus hair, dan androgenic hair. Terminal hair merupakan rambut yang tebal, panjang, dan hitam. Rambut ini umumnya tumbuh pada kepala, pada wajah (khusus pria), dan pada daerah kemaluan. Vellus hair merupakan rambut  yang halus, pendek, berwarna, dan tipis hampir tidak terlihat yang berkembang di sebagian besar tubuh seseorang selama masa kanak-kanak. androgenic hair merupakan terminal hair yang berkembang pada tubuh manusia selama dan setelah pubertas.
  • Rambut pada tubuh dapat rontok hingga 150 helai per hari.
    Berdasarkan Eddy Karta, dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, rambut rontok 100-150 helai per hari masih wajar. Tapi, jangan sampai kerontokan rambut yang terjadi sampai berujung pada kebotakan.
  • Rambut pada tubuh mengatur mengatur suhu badan.
    Rambut pada tubuh berperan dalam menahan suhu tubuh terhadap suhu lingkungan, misalnya pada saat suhu ruangan sedang dingin maka kita akan merasa sedikit hangat. Selain itu, rambut tubuh juga dapat membuang keringat ketika kita sedang kepanasan.
  • Warna rambut pada tubuh menentukan kelainan genetik.
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gao dkk dalam jurnalnya yang berjudul Genetic determinants of hair color and Parkinson's disease risk menemukan bahwa wanita dengan rambut merah lebih mungkin memiliki kulit putih, merokok, dan mengkonsumsi sejumlah besar alkohol dan laktosa, dibandingkan dengan warna rambut hitam. Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Gao dkk, pendapat lain juga mengatakan bahwa wanita berambut cokelat lebih cendrung kecanduan merokok, dan orang-orang botak mungkin meninggal lebih awal.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner