Monday, April 4, 2016

Awas Tindakan Ini Picu Sakit Leher

Sakit leher atau tenggorokkan paling sering kita alami pada saat musim pancaroba atau pada saat pergantian musim. Pada saat tersebut, kita merasa tidak nyaman untuk memakan makanan tertentu dan meminum minumanan tertentu. Pastinya sobat semua tidak ingin mempuasakan makanan atau minumanan tersebut bukan ?
Tahukah sobat bahwa selain musim pancaroba ternyata ada beberapa tindakan yang dapat memicu sakit leher, tindakan tersebut diantaranya:

  1. Posisi duduk yang salah.
    Hal ini diungkapkan oleh Dr. Jeremy Smith (dokter bedah ortopedik) yang mana dalam pernyataannya mengatakan bahwa banyak kursi kerja yang tidak mendukung lengkung S tulang belakang. Hal itu diperburuk dengan posisi duduk yang melengkung dan melorot sehingga membentuk "huruf C". Akibatnya terjadi tekanan berlebih pada leher dan otot-otot di punggung. Untuk mengatasi hal tersebut maka yang diupayakan adalah duduk dalam posisi tegak di kursi. Atur alarm yang mengingatkan kita untuk berdiri, mengubah posisi duduk, atau melakukang peregangan singkat setiap 30-40 menit duduk.
  2. Sindrom nomophobia.
    Hal ini disebabkan karena setiap kali kita menunduk ke smartphone, tekanan di otot leher sangat besar. Untuk mengatasinya maka langkah yang dilakukan adalah mengurangi waktu menatap smartphone, memegang ponsel pada level mata, dan lakukan peregangan secara periodik, untuk mengurangi keluhan pegal di leher.
  3. Kebiasaan merokok.
    Rokok memang terasa nikmat apabila dinikmati pada saat santai atau sehabis makan, namun hal ini justru mengandung banyak sekali penyakit, salah satunya adalah sakit leher. Merokok dapat menyebabkan sakit leher karena merokok akan membuat dehidrasi bantalan otot di punggung dan leher sehingga mempercepat proses penuaan. Proses penuaan itu pada akhirnya menyebabkan berbagai gangguan dan tekanan yang mengganggu fungsi tulang belakang. Merokok juga membuat pembuluh darah mengeras dan tegang sehingga asupan oksigen ke area di sekitarnya berkurang.
  4. Posisi tidur yang salah.
    Sama seperti posisi duduk, posisi tidur juga dapat menyebabkan sakit leher. Hal ini disebabkan lengkung tenggorokkan yang tertanggu. Kita memang tidak menyadari posisi tidur, namun untuk menghindari posisi tidur yang salah sebainya gunakan bantal dan kasur yang lembut. Selain itu, posisi tidur juga mendukung kecerdasan Lho jadi apa salahnya menggunakan bantal dan kasur yang lembut.
Baiklah, cukup sekian postingan mengenai tindakan yang memicu sakit leher, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner