Thursday, April 14, 2016

Ingin Hemat, Buat Catatan Pengeluaran

Semua orang tentu ingin sukses dalam membangun keuangannya. Sayangnya untuk mencapai keberhasilan dalam finansial salah satu caranya adalah dengan hidup hemat. Mulai menabung adalah salah satu cara untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Seringkali saat kita berniat untuk hemat lupa untuk berkomitmen menjaga kestabilan keuangan kita. Mencatat semua pengeluaran adalah salah satu trik untuk hidup hemat.

Mencatat semua pengeluaran secara detail selama satu bulan sangat membantu dalam menerapkan pola hidup hemat. Saat membaca ulang catatan pengeluaran, maka saat itulah Anda akan tahu pengeluaran apa saja yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Catatan pengeluaran ini juga berfungsi sebagai bahan evaluasi dalam mengatur dan mengelola keuangan.

Saat akan membelanjakan penghasilan, Anda selalu prioritaskan pengeluaran rutin. Pengeluaran rutin ini bisa seperti biaya tempat tinggal, transportasi, rumah tangga, dan kebutuhan makan. Setelah menyusun pengeluaran rutin, baru menyisihkan untuk anggaran lain-lain.

Menyisihkan anggaran rutin akan membantu dalam menyusun dan membagi pos pengeluaran sehingga tidak berantakan. Selain itu, Anda juga harus konsisten dalam menabung. Intinya, menabung merupakan dari pengeluaran rutin dan jangan menabung dari sisa gaji.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengeluaran terbesar adalah memenuhi gaya hidup. Bergaya sesuai dengan kemampuan kita akan membuat Anda terbebas dari pola hidup boros. Maka dari itu, kurangi nongkrong di kafe, nonton dan belanja yang tidak perlu, dan lainnya yang dapat menjadikan Anda boros.

Maka dari itu, mulailah membuat catatan pengeluaran agar hidup Anda tidak boros.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner