Saturday, September 20, 2014

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat-Untuk meningkatkan daya ingat, anda membutuhkan beberapa cara atau tips agar hal tersebut dapat terlaksana. Daya ingat sangat perlu dilatih guna anda tidak gampang lupa terhadap sesuatu yang sangat sederhana, misalnya seseorang sedang disuruh membeli gula 5kg dan kopi 1kg karena daya ingat orang tersebut kurang maka yang ia beli yakni gula 1kg dan kopi 5kg. Lucu bukan jika hal tersebut terjadi pada anda. Nah, pada postingan ini kita akan mempelajari beberapa cara agar daya ingat anda semakin tajam dan bahkan dapat permanen hingga anda tua. Seperti yang anda ketahui, semakin tua seseorang semakin menurun daya ingatnya. Yuk kita simak sedikit penjelasan di bawah ini:
  • Tidur yang teratur.
    Dalam point ini, waktu tidur yang baik antara 6-8 jam dan waktu mulai tidur hingga bangun haruslah dilakukan setiap harinya. Sebagai contoh jika hari senin anda tidur jam 23.00 dan bangun 05.00 maka pada hari selasa hingga seterusnya harus memulai tidur pada jam yang sama dan bangun pada jam yang sama.
  • Latihlah pikiran anda.
    Melatih pikiran dapat juga dengan permainan, misalnya permainan yang meningkatkan fungsi otak anda seperti catur, susun gambar, atau permainan online yang dapat meningkatkan daya ingat otak anda. Semakin sering anda melatih otak anda maka semakin tinggi atau tajam daya ingat anda.
  • Jangan suka begadang.
    Seperti yang sudah dikatakan pada lagu Rhoma Irama bahwa "begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja asalkan, kalau ada perlunya". Lagu tersebut memang benar karena berdasarkan pendapat para ahli, menyatakan bahwa kinerja memori otak orang begadang akan menurun sangat drastis.
  • Belajar dengan giat.
    Dengan belajar seseorang akan menjadi mengerti tentang seseuatu hal yang belum ia tahu sebelumnya. Selain membuat menjadi mengerti, belajar juga berdampak baik bagi otak anda. Berdasarkan penelitian para ahli, orang yang rajin belajar mempunyai daya ingat yang tinggi dibandingkan dengan orang yang malas belajar bahkan daya ingat orang tersebut akan permanen hingga ia tua.
  • Makan makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak.
    Ciri-ciri dari makanan yang membantu daya ingat anda adalah makan yang kaya akan anti oksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf. Contoh-contoh dari makanan ini yakni telur, ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan.
  • Jangan lupa sarapan pagi.
    Pada saat anda akan beraktivitas, sebaiknya anda sarapan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberi asupan energi awal, mencegah timbulnya penyakit lambung, membantu menyegarkan otak, meningkatkan daya tahan tubuh terhadao stres. Sebagai perbandingan saja, seseorang yang melakukan aktivitas tanpa sarapan pagi akan mengalami kurang konsentrasi dan berkurangnya daya ingat yang disebabkan kekurangan nutrisi pada otak orang tersebut.
  • Jangan konsumsi alkohol dan obat-obatan.

    Alkohol dan obat-obatan akan mempengaruhi tidur anda. Selain itu, hal ini akan mempengaruhi kerja otak anda. Hal ini dikarenakan alkohol dan obat-obatan akan menghancurkan sistem saraf pada otak anda.
Mungkin cukup sekian saja postingan mengenai Cara Meningkatkan Daya Ingat, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner