Monday, September 29, 2014

Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kulit

expresi lucu yang disebabkan gatal
Begini jika kita gatal
Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kulit-Dari dulu sampai sekarang penulis pernah mengalami yang namanya gatal. Pada saat kecil, ketika penulis mengalami gatal akibat alergi penulis diberikan obat alami yang dapat dengan cepat menghilangkan gatal tersebut. Tetapi, ada juga bahan atau obat alami lainnya yang ampuh guna menyembuhkan rasa gatal pada tubuh. Tapi kita simak dulu apaan sih gatal, trus penyebab gatal itu apaan ya. Gatal atau dalam dunia medisnya disebut pruritus adalah rasa tidak enak atau kurang enak pada kulit yang mana hal ini akan mendorong pasien untuk mengaruk kulit yang bersangkutan. Namun ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa gatal merupakan suatu perasaan yang secara reflek menuntut penderita untuk menggaruk daerah tersebut. Banyak hal yang menyebabkan gatal, diantaranya alergi, kurang bersihnya lingkungan, makanan, tersentuh ulat bulu, digigit nyamuk, terkena bulu bambu atau ilalang, dan terkena tumbuhan penyebab gatal. Selain disebabkan oleh hal tersebut, gatal juga disebabkan oleh jenis kulit yang tergolong sensitif, infeksi parasit, penyakit kuning, penyakit gagal ginjal, penyakit darah manis, kuit kering, gangguan saraf, kondisi fsikologis seseorang, daki pada kulit. Cara alami menghilangkan gatal, diantaranya:
  • Gatal akibat alergi.
    Cara alami menghilangkan gatal adalah menggunakan kapur sirih. Kapur sirih merupakan suatu bahan yang digunakan untuk campuran menguyah sirih. Kapur sirih merupakan jenis kapur yang diperoleh batuan karang yang dibakar dan membentuk warna putih. Namun dibeberapa daerah, kapur ini terbuat dari cangkang keong sungai (tengkuyung) yang dibakar kemudian diendapkan. Selain untuk menyirih, kapur ini juga bisa menyembuhkan gatal pada tubuh. Alasan kenapa kapur sirih dapat menghilangkan gatal penulis kurang tahu sebab hal ini berdasarkan pengalaman penulis semasa kecil. Menggunakan kapur sirih sebagai obat alami gatal terbukti sembuh dalam beberapa menit saja. Cara menggunakan kapur sirih cukup sederhana anda tinggal mengosokkan kapur sirih yang yang encer ke daerah gatal. Jadi secara sederhana, kapur sirih sebagai krim.Peringatan: Jangan gunakan kapur sirih pada bagian vital, seperti daerah selangkangan wanita.
    Kapur sirih untuk menghilangkan gatal
    Kapur sirih untuk menghilangkan gatal
  • Gatal disebabkan gigitan serangga.
    Jika gatal yang disebabkan oleh serangga-serangga nakal. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan balsem atau minyak kayu putih. Namun ada juga tips alami menghilangkan gatal yang disebabkan oleh satu ini, salah satunya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya yang pada umumnya hanya dikenal sebagai penutrisi rambut ternyata bisa juga dimanfaatkan guna menyembuhkan gatal yang diakibatkan serangga2 nakal. Cara yang diterapkan ialah melalui membalurkan lendir atau daging dari lidah buaya ke kulit yang gatal.
  • Gatal disebabkan bulu bambu, ilalang atau ulat bulu.
    Berdasarkan pengalaman penulis, apabia penulis terkenan bulu mambu maka hal yang paling sederhana dilakukan yakni menggosokkan daerah yang terkena bulu bambu, ilalang atau ulat bulu ke rambut. Kenapa demikian, hal ini disebabkan bulu-bulu penyebab gatal tersebut akan tercabut karena gesekan antara rambut dengan bulu penyebab gatal tersebut.
Selain bahan-bahan pembasmi gatal yang telah ditulis di atas, terdapat juga bahan lainnya yang ampuh menghilangkan gatal, diantaranya:
  1. Cara menghilangkan gatal dengan kunyit.
    Kunyit pada umumnya kita kenal sebagai bumbu dapur yang berfungsi menghilangkan bau amis pada ikan atau hewan amis lainnya, namun berbeda dengan hasil oleh banyak peneliti. Para peneliti menemukan ekstrak kunyit dapat menyembuhkan rasa gatal pada kulit. Dalam pembuatannya, kunyit yang digunakan merupakan kunyit yang sudah tua. Proses pembuatannya sangatlah mudah yakni:
    - Bersihkan kunyit dan daun sambiloto (bisa juga menggunakan daun asam).
    - Setelah bersih, tumbuk atau blender kedua bahan ini hingga halus.
    - Tambahkan sedikit air pada bahan yang telah halus ini.
    - Setelah itu, balurkan pada tubuh yang mengalami gatal
  2. Cara menghilangkan gatal menggunakan daun kemangi.
    Daun kemangi biasa dijadikan lalap oleh warung pecel lele atau warung makan lainnya. Daun ini hanya penulis kenal sebagai penghilang bau badan, namun fakta yang berbeda ditemukan oleh para peneliti. Mereka mengungkapkan bahwa daun kemangi mengandung kapur barus dan thymol yang mana kedua bahan ini sangat ampuh untuk mengatasi gatal. Nah, cara penerepannya sangatlah sederhana yakni haluskan atau hancurkan daun ini setelah itu tempelkan saja pada daerah yang terkena gatal.
  3. Dengan menggunakan abu dapur untuk menghilangkan gatal.
    Dizaman sekarang ini memang sulit untuk mencari bahan yang satu ini, jadi sulit untuk mencari abu dapur. Tapi, bagi anda yang masih menggunakan kayu bakar sebagai sumber pengapian untuk memasak, abu dari kayu tersebut sangatlah bermanfaat untuk menghilangkan gatal yang disebabkan alergi makanan atau alergi terkena pohon gatal. Cara penggunaanya tinggal anda ambil abu dapur dan oleskan pada area gata.
  4. Menggunakan daun salam.
    Sama seperti bumbu dapur lainnya, penulis awalnya daun ini hanyalah digunakan untuk campuran daging atau campuran sayur agar makan tersebut makin sedap. Tapi, dari beberapa tulisan penulis mengatakan bahwa daun ini ampuh melenyapkan gatal di kulit. Cara pemakaiannya hanyak mengambil beberapa daun salam kemudian hancurkan dengan cara meremasnya, rekatkan atau gosok di lokasi gatal.
Mungkin cukup sekian postingan mengenai Cara Alami Menghilangkan Gatal Pada Kulit, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner