Saturday, September 13, 2014

Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya Tahan Tubuh merupakan komponen biometrik yang sangat dibutuhkan dalam aktifitas fisik dan salah satu komponen yang terpenting dari kesegaran jasmani. Selain itu, daya tahan tubuh juga dapat diartikan kemampuan yang dimiliki tubuh untuk melindungi dari berbagai serangan penyakit dan kuman. Daya tahan diartikan sebagai waktu bertahan yaitu lamanya seorang melakukan suatu intensitas kerja atau jauh dari keletihan. Faktor-faktor yang memepengaruhinya yakni nutrisi pada tubuh, lingkungan, pola hidup, dan genetik. Keempat faktor tersebut harus anda penuhi guna meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, bagaimana cara alami meningkatkan daya tahan tubuh, simak sedikit penjelasan di bawah ini:
  • Makanlah makan yang bergizi.
    Ciri-ciri makanan yang bergizi adalah sedikit MSG dan garam, mengandung serat yang cukup, sedikit bahan pengawet, sedikit minyak goreng, tidak mengandung santan, tidak terlalu pedas, matang, mengandung lemak hewani secukupnya. Nah, apakah makanan yang anda konsumsi sesuai dengan ciri-ciri tersebut. Contoh-contoh makan yang bergizi antara lain telur, apel, lemon, bayam, almond, kacang hijau, kedelai, ikan laut, yougurt, tomat, blueberry, bawang putih, brokoli, gandum, dan teh.
  • Istirahat yang cukup.
    Manfaat istirahat yang cukup yakni meningkatkan daya tahan tubuh, waktu untuk toksin racun, melancarkan pencernaan, melancarkan pencernaan, mengoptimalkan kemampuan otak. Nah, berikut daftar jumlah waktu istirahat yang baik bagi tubuh berdasarkan umur. Umur 0-2 bulan waktu istirahat 12-18 jam setiap harinya, 3-11 bulan 14-15 jam, 3-5 tahun 11-13 jam, 5-10 jam 10-11 jam, 10-17 tahun 8-9 jam, dewasa 7-9 jam. Namun berdasarkan beberapa pendapat para ahli, waktu tidur yang baik untuk kesehatan yakni apabila seseorang merasa sangat ngantuk dan apabila orang tersebut bangun tidak merasakan sakit kepala. Waktu istirahat siang yang baik adalah antara pukul 12.00-13.00 WIB.
  • Olahraga yang cukup.
    Manfaat olahraga bagi kesehatan yakni melindungi diri dari penyakit stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, osteoporosis, meningkatkan kekuatan otak, melawan penuaan dini, nyeri punggung, dan mengurangi stress. Apabila anda merupakan orang yang super sibuk, olah raga yang sederhana bagi yakni berjalan-jalan keruangan bawahan atau atasan anda. Dengan demikian anda sudah melakukan gerak pada tubuh anda. Tujuan dari olahrga yakni hanya melakukan gerak bagi tubuh anda sehingga organ-organ pada tubuh anda tidak kaku.
  • Konsumsi vitamin C secukupnya.
    Vitamin C berfungsi melawan kanker, memperbaiki kulit, meningkatkan mood, menurunkan risiko serangan jantung, mengontrol tekanan darah, mencegah stroke, menjegah katarak, mencegah diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh. Dosis vitamin C yang diperlukan dalam tubuh yakni 45 mg perhari (WHO), jika seseorang kekurangan vitamin C akan ditandai dengan kehilangan nafsu makan, kram pada otot, kulit menjadi kering, rambut bercabang, gusi berdarah, kekurangan darah merah, infeksi. Sementara itu, orang yang kelebihan vitamin C akan ditandai dengan ciri-ciri diare dan meningkatnya asam lambung. Sumber vitamin C yakni buah jeruk, stroberi, kembang kol, cabe, dan apel.
Mungkin cukup sekian saja postingan mengenai Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner