Wednesday, September 17, 2014

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Insomnia

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Insomnia-Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan tidur atau mempertahankan tidur ketika mendapatkan kesempatan untuk tidur. Orang yang bangun sebelum waktunya dikatagorikan insomnia. Insomnia buka merupakan suatu penyakit namun suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab. Gejala sulit tidur ini tidak memandang usia, tua maupun muda bisa saja terkena gejala kesulitan tidur ini. Gejala dari penyakit ini yakni mengalami kesulitan tidur dan sepanjang hari merasakan kelelahan. Nah, berikut akan dijelaskan penyebab insomnia:
  1. Bekerja pada malam hari.
    Bekerja pada malam hari atau lembur akan membuat tubuh anda menjadi stres, secara biologis tubuh anda dirancang untuk aktif pada siang hari dan istirahat pada malam hari. Hal ini juga mempengaruhi ritme tidur anda (dibahas dalam ritme sirkadian). Apabila seseorang sering bergadang maka insomnia tersebut akan menjadi akut dan sulit untuk dihilangkan. Namun apabila anda sedang ditugaskan untuk kerja malam (dengan catatan selesai bekerja kurang dari pukul 07.00 WIB) sebaiknya anda tidur dan wajib bangun pada pukul 07.00 WIB dan pada siang hari wajib istirahat siang antara 1/2 hingga 1 jam, waktu yang terbaik yakni dari pukul 12.00 hingga 13.00 WIB.
  2. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.
    Meminum alkohol dalam dosis yang berlebihan memang dapat menyebabkan tidur nyenyak apabila alkohol sudah luntur dari tubuh anda, hal ini akan menyebabkan tidur dapat terbangun sepanjang malam dan tidur pada siang hari. Sebaiknya ganti alkohol anda ke minuman sehat seperti jus atau anggur dan jangan konsumsi secara belebihan.
  3. Stres.
    Stres memang penyebab dari berbagai gangguan pada tubuh anda. Tentu saja, apabila anda sedang stres pastinya anda akan sulit tidur yang disebabkan fikiran anda selalu berfikir tentang stres yang anda alami dan secara tidak sengaja kerja hormon yang mengatur tidur akan terganggu juga.
  4. Pola tidur yang kurang teratur.
    Apabila dalam satu hari saja anda tidur larut malam maka hal ini akan mengakibatkan kesulitan tidur pada hari selanjutnya. Hal ini disebabkan karena jam tubuh anda sudah berubah.
  5. Jet lag.
    Jet lag adalah gangguan sementara yang menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain yang diakibatkan perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat. Jet lag mengakibatkan gangguan pada sel-sel otak yang mengontrol waktu biologis, kemudia tubuh akan mengalami perubahan jam tubuh.
  6. Efek samping penggunaan obat.
  7. Faktor lingkungan.
    Lingkungan yang membuat anda sulit akan mempengaruhi jam tidur anda dan hal ini akan menyebabkan insomnia. Contohnya, pada lingkungan anda tinggal dihuni oleh orang-orang yang selalu bergadang dan selalu mengajak anda berbincang-bincang hingga larut malam. Dan hal tersbut dilakukan secara terus menerus.
Mungkin hanya itu saja postingan mengenai Beberapa Alasan Yang Menyebabkan Insomnia, semoga bermanfaat.
 

Temukan kami di facebook

Temukan kami di facebook

Berlangganan Via Email

Klik Tombol Di Bawah:

Delivered by FeedBurner

Media Fatner